Find Us On Social Media :

Terbukti Asal Usul Munculnya Virus Corona Bukan dari Kebocoran Lab

Penularan Covid-19 berawal dari pedang di pasar basah Wuhan.

GridHEALTH.id - Pandemi Covid-19 dimulai sejak 2020 lalu. Hingga saat ini, dari mana virus SARS-CoV-2 berasal masih jadi perdebatan.

Banyak yang percaya bahwa virus corona merupakan hasil rekayasa dan kemudian lolos dari laboratorium.

Terbaru, ada dua studi yang menunjukkan lebih banyak bukti bahwa asal usul virus corona  dari pasar basah di Wuhan, China.

Dua studi terbaru ini, dipublikasikan di jurnal Science, pada Selasa (26/7/2022).

Hasil studi menunjukkan, bahwa Pasar Grosir Makanan Laut Huanan kemungkinan besar merupakan pusat awal dari pandemi Covid-19 yang telah merenggut nyawa sekitar 6,4 juta orang di seluruh dunia hingga saat ini.

Para ilmuwan menyimpulkan kalau virus penyebab Covid-19, SARS-CoV-2, ditularkan dari hewan ke manusia sebanyak dua kali dalam waktu terpisah.

"Semua bukti ini memberitahu kita hal yang sama. Ini menujuk tepat ke pasar khusus di tengah-tengah Wuhan," kata Kristian Andersen, profesor di Departemen Imunologi dan Mikrobiologi di Scripps Research.

"Saya sendiri cukup yakin dengan kebocoran lab sampai kami mempelajari ini dengan sangat hati-hati dan melihatnya lebih dekat," sambungnya dikutip dari PBS.org, Jumat (29/7/2022).

Studi pertama yang menggabungkan data dari ilmuwan China dan ahli biologi evolusi dari Universitas Arizona, Michael Worobey, melakukan pemetaan lokasi lebih dari 150 kasus Covid-19 pada Desember 2019.

Baca Juga: Jumlah Anak Korban Covid-19 Bertambah, Jika Bapil Dilarang Masuk Sekolah

Pemetaan juga dilakukan untuk kasus Covid-19 dari Januari hingga Februari 2020 menggunakan data dari aplikasi yang berhubungan dengan Covid-19.

Hasilnya kasus-kasus Covid-19 pada awal pandemi mengarah ke pasar basah yang berada di tengah-tengah kota Wuhan.