Find Us On Social Media :

Makanan Ini Menggambarkan Besarnya Bayi dalam Rahim di Tiap Trimester

Gambaran besarnya bayi dalam rahim ditiap trimester kehamilan. Mulai dari sebesar biji apel hingga sebesar pepaya.

GridHEALTH.id - Bayi dalam kandungan tentu mengalami perkembangan selama sembilan bulan seorag Ibu mengandung, namun pernahkah terbayangkan sebelumnya bagaimana sebenarnya perkembangan bayi jika disamakan dengan benda di sekitar?

Inilah jawabannya, ukuran bayi dari waktu ke waktu selama di dalam kandungan jika disamakan dengan ukuran makanan, seperti yang disampaikan oleh Tina Yong dalam akun youtube pribadinya.

Jika diperhatikan pertumbuhan bayi di dalam kandungan dapat terlihat dari ukuran perut ibu yang semakin membesar dan ternyata besaran perut ibu hamil dapat disamakan dengan ukuran dari berbagai jenis makanan, mulai dari buah hingga sayuran.

Trimester pertama

Pada trisemester pertama, Tina Yong menjelaskan jika dimulai dari minggu kelima, besar bayi di dalam kandungan dapat disamakan dengan besar biji apel, lalu pada minggu keenam bayi akan sebesar kacang manis, dan pada minggu ketujuh maka bayi akan sebesar buah blueberry.

Dilanjutkan pada minggu kedelapan, besar ukuran bayi di dalam kandungan akan sama dengan buah raspberry dan diusia kandungan minggu kesembilan bayi akan sebesar buah cherry, kemudian dilanjutkan pada usia kandungan minggu kesepuluh besar bayi akan sama dengan buah strawberry.

Pada minggu kesebelas, maka besar bayi dalam kandungan akan sama dengan jeruk nipis dan diminggu kedua belas, akhir dari trimester pertama, besar bayi akan sebesar buah kismis.

Trimester kedua

Memasuki trimester kedua, perkembangan ukuran bayi dalam kandungan pun semakin besar, di mana pada minggu ketiga belas, bayi akan sama dengan lemon, lalu dilanjutkan pada minggu keempat belas, ukuran bayi akan setara dengan buah persik dan lebih besar lagi pada minggu kelima belas, di mana ukuran bayi akan sama besarnya dengan jeruk navel.

Baca Juga: Bayi Prematur dan Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) Tingkatkan Risiko Stunting

 Pada minggu keenam belas, maka perkembangan ukuran bayi akan sama dengan buah alpukat, kemudian diminggu ketujuh belas, ukuran bayi dalam kandungan akan sebesar buah delima, yang akan kembali mengembang diminggu kesembilan belas kehamilan, di mana bayi akan sebesar buah mangga.

Lalu, pada minggu ke-20, maka besar bayi dalam kandungan akan setara dengan buah pisang, kemudian pada minggu ke-21, bayi akan sebesar sayur selada bokor atau andewi, berlanjut pada minggu ke-22 di mana bayi akan sebesar buah kelapa dan buah anggur pada minggu ke-23 kehamilan.