Find Us On Social Media :

Rekomendasi Traditional Chinese Medicine untuk Kecukupan Gizi Ibu Hamil

Ibu hamil perhatikan asupan nutrisi berikut ini, sesuai rekomendasi TCM.

GridHEALTH.id - Ibu hamil memerlukan begitu banyak nutrisi untuk memastikan kesehatan ibu dan bayi. 

Sehingga asupan nutrisi ibu hamil menjadi salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan, salah satunya sesuai dengan rekomendasi Traditional Chinese Medicine (TCM).

TCM akan meminta ibu hamil untuk memastikan memenuhi nutrisi wajib sesuai dengan perkembangan tiap trimester.

Ibu hamil memiliki peran paling penting untuk menentukan kondisi kesehatan dan kualitas hidup bayi dalam dunia Traditional Chinese Medicine (TCM), karena energi dari ibu hamil dipercaya dapat mengalir kepada bayi.

Oleh karena itu, TCM membagi beberapa nutrisi wajib yang harus dipenuhi oleh setiap ibu hamil sesuai dengan pembagian tiap trimester.

Beberapa vitamin yang disarankan untuk ibu hamil memastikan kecukupannya oleh TCM adalah asam folat, zat besi, kalsium, vitamin D, DHA, dan vitamin B6.

Trimester Pertama - Pada trimester pertama, ibu hamil biasanya akan mengalami berbagai perubahan hormon yang berdampak pada gejala umum seperti mual dan muntah karena bayi masih dalam proses pembentukan di dalam rahim.

TCM pun akan merekomendasikan ibu hamil untuk mengkonsumsi asupan nutrisi yang bersifat netral dan menghangatkan, seperti ayam, salmon, sup, labu yang dikukus, kubis, kentang, wortel, dan jahe bisa dijadikan sebagai nutrisi pelengkap yang membantu untuk menghangatkan limpa dan perut, sehingga mengatasi mual di pagi hari.

Trimester Kedua - Dalam konsep Traditional Chinese Medicine (TCM), kehamilan adalah bagian dari kondisi yang 'panas', di mana sirkulasi darah meningkat seiring dengan perkembangan bayi, hasilnya ibu hamil akan mengalami kekurangan darah Yin dan panas berlebih.

Baca Juga: Setelah Satu Kasus Pasien BPJS di RSUD Jombang, Pasien dan Keluarga Lain Langsung Speak Up

Gejalanya adalah ibu hamil akan merasa haus berlebih, kemerahan, insomnia, keringat malam, mulas, sembelit, sehingga diperlukan makanan dengan sifat dingin sebagai penyeimbang panas dalam tubuh, seperti brokoli, artichoke, terong, zucchini, jamur, asparagus, dan tomat.

Untuk buah, dibutuhkan buah segar seperti apel, melon, ceri, pir, stroberi, mangga, pisang, dan nanas, juga disarankan untuk ibu hamil oleh TCM untuk menghindari makanan yang mengandung kafein, alkohol, juga batasi konsumsi daging merah, makanan berbahan dasar kedelai, gorengan, dan gula.