Find Us On Social Media :

Anak Mona Ratuliu Berjuang Tetap Hidup di Tengah Keinginan Bunuh Diri, Ini Peran Orangtua Untuk Mencegahnya

Mima Shafa berhasil bertahan hidup di tengah keinginan bunuh diri, inilah peran penting orangtua dalam mencegah anak bunuh diri.

GridHEALTH.id - Anak Mona Ratuliu, Mima Shafa belum lama ini melalui instagram pribadinya, @mimashafa, mengakui dirinya sempat memiliki keinginan untuk bunuh diri dan berusaha untuk tetap berjuang bertahan.

Dalam unggahan pribadinya tersebut, terlihat beberapa cuplikan video dan foto yang menunjukkan prosesnya untuk berjuang tetap hidup di tengah keinginan bunuh diri dan permasalahan mental yang dihadapi.

Permasalahan mental yang dihadapi oleh seseorang, termasuk pada anak bukanlah hal yang dapat dianggap sepele, peran orangtua sangat berpengaruh dalam mencegah seorang anak memiliki keinginan bunuh diri.

Mima Shafa, anak Mona Ratuliu menceritakan secara ringkas perjuangannya selama ini untuk menghadapi permasalahan mentalnya, yang dimulai sejak dirinya berada di bangku SMP.

Dari pengalamannya itu, dia mulai tertarik untuk mempelajari isu penyakit mental, karena kesadaran diri sendiri akan rasa yang dihadapinya dan berlanjut menjadi sebuah keinginan untuk mengedukasi diri dan orang lain yang belum teredukasi tentang kesehatan mental bisa belajar dan harapannya, dapat mengurangi stigma yang ada.

Setelah bertahun-tahun berjuang menghadapi permasalahan mentalnya, hingga ingin bunuh diri, akhirnya pada Juli 2022, Mima Shafa merasa bersyukur dan menjadi waktu yang penting dalam hidupnya karena berhasil bertahan.

"Juli 2022 adalah waktu yang penting untuk aku selama 19 tahun hidup, I survived. Aku gak akan bisa lebih mengenali diri sendiri kalau aku gak survive."

Anak Mona Ratuliu ini juga mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya, "Aku mau bilang terima kasih ke semua orang yang udah mendukung dan sayang sama aku, bunda dan yanda, teman-teman, terutama diriku sendiri."

Tidak diketahui pasti permasalahan mental yang dihadapi oleh anak Mona Ratuliu ini, namun yang pasti dari postingannya ini Mima Shafa juga membagikan semangatnya untuk bertahan hidup kepada semua pengikutnya di instagram.

Baca Juga: Mona Ratuliu Melahirkan di Tengah Pandemi Covid-19, Sendirian Tanpa Suami

Ia mengatakan,"If you're reading this (jika kamu membaca tulisan ini), pasti akan ada jawaban dari semua pertanyaan yang kamu punya, kuncinya adalah bertahan."

Tidak berhenti disitu, Mima Shafa juga meminta pengikutnya untuk perlahan membuka diri terhadap kondisi diri sendiri dan mencari bantuan, "pelan-pelan cerita dan kasih tau orang-orang yang kamu percaya tentang situasimu, jangan takut untuk bicara dan cari bantuan, you always matters (kamu selalu berharga)."