Find Us On Social Media :

Stres Dapat Menyebabkan Rambut Beruban, 4 Pengobatan Rumahan Untuk Mencegahnya

Rambut beruban bisa akibat stres. Bisa dicegah dan diatasi dengan pengobatan rumahan.

GridHEALTH.id - Rambut beruban adalah proses alami. Seiring bertambahnya usia tubuh, tanda-tanda penuaan muncul dengan sendirinya dan uban adalah salah satunya.

Tapi, terkadang rambut mulai beruban sebelum waktunya dan itu menyebabkan keputusasaan dan juga menghadirkan masalah.

Penyebab pasti dari beruban tidak benar-benar diketahui. Dokter merasa bahwa penyebabnya mungkin terletak pada faktor keturunan, atau pada sistem kekebalan tubuh kita.

Ini adalah pigmen atau zat pewarna yang memberi warna pada rambut. Untuk alasan yang belum diketahui, pigmen tidak terbentuk dan rambut tetap putih.

Rambut putih bercampur dengan rambut gelap dan memberi kesan uban. Diperkirakan juga bahwa kekurangan Vitamin B12, Vitamin C dan E, serta kekurangan mineral seng dan tembaga dalam tubuh, dapat mempengaruhi warna rambut.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa stres juga bisa menjadi penyebab uban. Dengan kata lain, syok atau trauma yang disebabkan oleh kematian seseorang yang dekat, atau penyakit kritis dari seseorang yang dekat dapat menyebabkan stres yang cukup untuk menyebabkan uban secara tiba-tiba.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa ketika tubuh sedang stres, mekanisme pertahanan terbangun di dalam sel-sel tubuh yang sebenarnya mengganggu produksi melanin, zat pewarna. Akibatnya, melanin tidak mencapai folikel rambut dan rambut tetap putih.

Tetapi kita juga dapat mencegah uban dini dengan pengobatan rumahan. Berikut adalah beberapa untuk membantu kita;

1. Mengunakan amla untuk rambut beruban

Baca Juga: Rambut Uban Muncul Prematur, Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Baca Juga: Mentimun Bisa Untuk Makanan Bayi, Kapan Mulai Ditambahkan Pada MPASI?

Amla baik untuk mereka yang berjuang dengan rambut beruban. Minum jus satu amla dalam segelas air setiap hari.