Find Us On Social Media :

Rambut Uban Muncul Prematur, Waspadai Gangguan Kesehatan Ini

Rambut beruban di usia muda bisa mengindentifikasi adanya penyakit.

GridHEALTH.id - Tanda-tanda uban menjadi jelas ketika rambut yang lebih tebal dan lebih gelap rontok dengan cepat dan rambut putih yang lebih tipis tumbuh lebih cepat.

Karena seluruh proses uban bergantung pada penumpahan dan pola pertumbuhan, ada beberapa yang dapat menunjukkan uban cepat dalam waktu yang sangat singkat.

Untuk pria, ketika rambut mereka mulai beruban, tanda-tanda pertama terlihat di janggut dari mana ia bergerak ke kumis dan janggut, sebelum menyebar ke kepala. Pada wanita, pelipis adalah yang beruban terlebih dahulu sebelum menyebar ke samping juga.

Perlu diwaspadai, uban tidak selalu berarti kita bertambah tua. Terkadang, itu berarti kita menderita penyakit atau gangguan kesehatan yang mendasari yang bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Berikut adalah aneka gangguan kesehatan yang ditunjukkan lewat munculnya uban di usia muda;

#Kekurangan vitamin

Beberapa orang menjadi abu-abu lebih awal. Penelitian menunjukkan kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan hilangnya pigmen rambut.

Apa itu pigmen rambut? setiap folikel rambut mengandung pigmen yang disebut melanin, hal yang sama yang mewarnai kulit kita. Pigmen ini memberi warna pada rambut.

#Gangguan tiroid

Baca Juga: Folikulitis, Penyebab Rambut Rontok Karena Infeksi Bakteri di Kepala

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Otot Inti dengan Medicine Ball Agar Perut Rata

Perubahan hormonal yang disebabkan oleh masalah tiroid seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme juga dapat menyebabkan rambut putih prematur.