Find Us On Social Media :

Berhenti Merokok Dari Sekarang, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan Jantung

Perokok, siap-siap hadapi berbagai jenis penyakit kardiovaskular ini.

 

GridHEALTH.id - Penyakit kardiovaskular masih menjadi penyakit mematikan nomor 1 di dunia, dengan angka kematian global mencapai 18,6 juta di dunia dan diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Penyakit kardiovaskular menyerang jantung dan pembuluh darah, sehingga ada banyak jenis penyakit yang disebabkan karena adanya kerusakan pada kardiovaskular manusia.

Sama seperti penyakit lainnya, penyakit kardiovaskular juga dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, tidak terkecuali terkait gaya hidup, seperti kebiasaan merokok.

Semboyan merokok dapat merusak tubuh dan kesehatan adalah hal yang biasa didengar, namun dengan adanya semboyan ini banyak orang tetap sulit dan enggan untuk berhenti merokok.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengenali penyakit kardiovaskular lebih jauh dan lebih dalam, agar dapat meningkatkan kesadaran seseorang tentang pentingnya menjaga tubuh.

Penyakit kardiovaskular

Penyakit ini identik dengan penumpukan timbunan lemak di dalam arteri (aterosklerosis) dan peningkatan risiko pembekuan darah, sehingga dikaitkan dengan kerusakan arteri di organ seperti otak, jantung, ginjal, dan mata.

Sebenarnya penyakit kardiovaskular ini dapat dicegah, kuncinya dengan menjalani gaya hidup sehat.

Penyakit kardiovaskular memiliki 4 jenis penyakit utama dan menyumbang angka kematian tinggi, yaitu jantung koroner, stroke, penyakit arteri perifer, dan penyakit pada aorta.

Baca Juga: Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia Pilih Ketua Baru, Ini Tantangan Menghadapi Pasien Jantung di Indonesia

 Lebih dari 4 penyakit utama ini, penyakit lainnya yang tergolong dalam penyakit kardiovaskular adalah penyakit jantung bawaan, jantung rematik, dan serebrovaskular.

Tidak diketahui pasti apa penyebab dari penyakit kardiovaskular, karena ada banyak faktor risiko yang semakin meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit pada bagian kardiovaskularnya.