Find Us On Social Media :

Cara Cegah Penuaan Dini Dengan Rajin Konsumsi Vitamin-vitamin Ini

Vitamin-vitamin inilah yang dapat membantu mencegah penuaan dini dari dalam.

GridHEALTH.id - Memiliki wajah yang awet muda adalah impian setiap orang, berbeda jika yang terjadi justru sebaliknya adanya penuaan dini.

Sebisa mungkin dan banyak cara dilakukan oleh orang untuk mencegah penuaan dini, mulai dari perawatan kecantikan, diet, hingga penggunaan krim, serum, masker wajah, dan lainnya.

Pada dasarnya, bagi seseorang yang ingin mencegah penuaan dini bisa dengan memastikan vitamin-vitamin ini dikonsumsi setiap hari, maka akan memberikan efek jangka panjang untuk tubuh, salah satunya cegah penuaan dini.

Tidak semua vitamin memiliki manfaat mencegah penuaan, maka inilah daftar vitamin yang harus rajin dikonsumsi jika ingin mencegah penuaan dini, antara lain:

1. Vitamin A - vitamin A juga dikenal sebagai retinol alami, yang merupakan bahan utama dalam banyak suplemen dan serem anti-penuaan, sedangkan tubuh tidak dapat memproduksi vitamin A secara alami maka dibutuhkan asupan dari luar, selain sebagai anti-penuaan juga bisa sebagai sistem kekebalan tubuh, penglihatan, membantu jantung atau paru-paru.

2. Vitamin C - vitamin C bisa didapat di semua buah dan sayuran, di mana telah terbukti dapat mencegah penuaan dini karena kandungannya yang baik untuk kulit.

3. Vitamin D - dengan pemenuhan vitamin D dalam tubuh akan membantu mencegah penuaan dini dan mengurangi risiko penyakit terkait penuaan, juga efektif untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (salah satu penyebab dari kerutan dan garis halus).

4. Vitamin B - vitamin B juga baik untuk kesehatan yang dapat mencegah penuaan dini, beberapa produk yang dapat ditemui dengan kandungan vitamin B adalah ikan, unggas, sayur berdaun hijau, dan kacang-kacangan, hingga sereal.

5. Vitamin E - vitamin E berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh dan salah satu lapisan untuk pertahanan pertama kulit, meskipun tubuh dapat memproduksinya secara alami tetapi asupannya cepat habis oleh sinar matahari, selain baik untuk kulit juga baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi tubuh dari penurunan kognitif.

Baca Juga: Aprikot, Buah Berwarna Oranye, Membuat Kulit Mulus dan Jantung Jadi Sehat

 6. Biotin -  asupan biotin dapat dipenuhi melalui berbagai jenis makanan, seperti kembang kol, ubi jalar, alpukat, biji-bijian, telur, daging, raspberry, dan asupan makanan lainnya.

7. Folat - folat dapat diperoleh dari sayuran berdaun hijau, alpukat, kacang-kacangan, telur, dan kacang tanah.