Find Us On Social Media :

ASI Eksklusif, Cara Bayi Mendapatkan Imunisasi Pertama dan Komposisinya yang Tidak Dapat Dibandingkan dengan Susu Formula

ASI eksklusif sangat baik untuk bayi sebagai imunisasi pertama dan baik bagi ibu, jangan tunda pemberiannya.

GridHEALTH.id - Pemberian ASI eksklusif adalah hak dari setiap anak untuk mendapatkannya, maka setiap orangtua, baik ibu maupun ayah harus memastikan pemberian ASI eksklusif pada anak secara maksimal.

Dengan memberikan ASI eksklusif pada anak, maka orangtua telah memberikan investasi 1.000 hari pertama kehidupan yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

ASI juga merupakan imunisasi pertama bagi bayi baru lahir hingga usia 2 tahun, maka dengan ASI eksklusif yang diberikan, anak akan mampu sepuluh kali lipat melawan penyakit yang mengancam nyawa.

Berikut beberapa kandungan ASI yang tidak akan didapati dari jenis susu lainnya, terlebih susu formula.

Komposisi utama ASI

Komposisi yang terkandung dalam ASI sangat beragam dan tentu baik untuk bayi, di mana kandungan ini tidak sepenuhnya bisa digantikan oleh jenis susu lainnya selain pada ASI.

Berikut ini beberapa komposisi dari ASI:

- Kaya akan nutrisi, seperti protein

- Mengandung zat infeksi

Baca Juga: Cegah Stunting Dengan Investasi 1.000 Hari Pertama Kehidupan Melalui ASI Eksklusif

 - Mengandung zat pertumbuhan

"Kelebihan ASI dibanding susu formula, susu formula memang sama-sama nutrisi, tetapi pada ASI mengandung zat infeksi dan faktor pertumbuhan, itu kelebihannya yang tidak bisa dibeli di susu formula manapun,"kata Dr. dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, Sp.A(K), ketua satgas ASI IDAI menjelaskan dalam media briefing pada hari Sabtu (06/08/2022).