Find Us On Social Media :

4 Makanan Lezat dan Bergengsi Ini Bisa Mengurangi Risiko Stroke

Makanan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko stroke, kerang salah satunya.

GridHEALTH.id - Serangan stroke dapat terjadi pada siapa saja, tak memandang usia ataupun jenis kelamin.

Stroke menyebabkan orang yang mengalminya kesulitan untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari dan juga mengurangi kemampuan otaknya.

Menurut Cleveland Clinic, sekitar 80 persen serangan stroke sebenarnya bisa dicegah. Caranya adalah dengan mengontrol apapun yang dimakan setiap hari.

Karena tanpa sadar, makanan yang sehari-hari dikonsumsi mempunyai peran yang besar tidak hanya pada berat badan, tapi juga risiko stroke.

"Pilihan makanan Anda dapat mengurangi risiko penumpukan kolesterol di arteri, dan penyumbatan ini adalah penyebab utama stroke," kata praktisi perawat bersertifikat Susan Jaeger.

Hal yang sama juga disebutkan oleh Stroke Association, di mana makanan yang sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol diabetes.

Penumpukan kolesterol yang jadi pemicu utama terjadinya serangan stroke, juga akan berkurang karena dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Dilansir dari Verywell Health, berikut ini adalah beberapa makanan mengurangi risiko stroke.

1. Kacang kenari

Baca Juga: Berhenti Merokok Dari Sekarang, Ini Bahayanya Untuk Kesehatan Jantung

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Heart Association, menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kacang kenari, setidanknya setengah porsi sehari, mempunyai risiko stroke yang lebih rendah.

Begitu juga dengan meta-analisis dari 14 studi, yang menemukan bahwa makan kacang kenari dan jenis kacang lainnya bisa menurunkan risiko stroke.