Find Us On Social Media :

Kanker Payudara Bisa Menyebar ke Organ Tubuh Lain, Kenali Ciri-cirinya

Gejala kanker payudara berdasarkan jenisnya

GridHEALTH.id - Kanker payudara masih menjadi salah satu jenis kanker yang sangat berisiko dialami oleh para wanita.

Pada 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat ada sekitar 2,3 juta wanita yang didiagnosis mengalami kanker payudara dan 685.000 meninggal dunia.

Bahkan dalam kurun waktu 5 tahun, jumlah pengidap kanker payudara bertambah 7,8 juta dan membuatnya menjadi jenis kanker paling umum di dunia.

Bintang film musikal Grease, Olivia Newton-John, menyudahi perjuangannya melawan kanker payudara selama 30 tahun.

Olivia Newton-John meninggal dunia pada usia 78 tahun. Pada Mei 2017, lawan main John Travolta tersebut mengabarkan bahwa dirinya mengalami kanker payudara mestatis atau sudah menyebar.

Mestatis kanker payudara

Melansir laman breastcancer.org, mestatis kanker payudara adalah kondisi saat sel-sel kanker telah menyebar ke organ tubuh lain.

Bagian tubuh yang berisiko terdampak jika sel kanker payudara menyebar yakni tulang, paru, otak, hingga hati.

Mestatis akan terjadi saat sel-sel kanker melepaskan diri dari tumor asli yang ada di payudara dan menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Baca Juga: Olivia Newton-John, Sempat Sembuh Dari 3 Jenis Kanker dan Menjadi Peneliti Dalam Pengobatan Kanker, Kini Tutup Usia Diumur 73 Tahun

Sel kanker dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain melalui aliran darah atau sistem limfatik, jaringan kelenjar getah bening.

Kondisi ini bisa dialami oleh pengidap kanker payudara berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, setelah didiagnosis dan menjalani perawatan awal.