Find Us On Social Media :

Asam Lambung Naik, Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tidak Semakin Parah

Konsumsi makanan asam dapat menyebabkan asam lambung semakin naik, sebaiknya dihindari bersama dengan jenis makanan lainnya.

GridHEALTH.id - Asam lambung naik atau biasa dikenal dengan istilah GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi di mana adanya aliran balik dari lambung ke kerongkongan. 

Asam lambung naik memang seringkali dipicu oleh konsumsi makanan dan minuman yang tidak sesuai, hingga menimbulkan sensasi terbakar saat sedang kambuh, oleh karena itu perlu untuk memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi agar tidak semakin parah.

Terdapat beberapa jenis makanan yang ternyata seharusnya dihindari saat asam lambung naik, makanan tersebut diantaranya adalah:

1. Cokelat 

Kandungan kafein, kakao, dan bahan kimia lainnya dari cokelat dapat memicu mulas dan membuat isi perut lebih mudah keluar kembali ke kerongkongan, sehingga asam lambung lebih mungkin untuk terjadi dan memperburuk kondisi asam lambung yang naik.

2. Daun mint

Daun mint memang cocok untuk meredakan rasa sakit di usus, namun tidak cocok untuk pencernaan, di mana kandungan dari daun mint justru membuat otot-otot pada pencernaan menjadi lemas, akhirnya isi di perut akan kembali naik ke atas hingga muncullah sensasi dari asam lambung.

3. Bawang-bawangan 

Konsumsi bawang-bawangan, mulai dari bawang merah, putih, bombay, dan jenis bawang lainnya, khususnya yang mentah dapat menyebabkan rasa mulas di pencernaan, bagi yang memiliki masalah lambung dan pencernaan tentu akan semakin memperburuk dan memperbesar risiko asam lambung naik.

Baca Juga: Asam Lambung Berisiko Naik Saat Udara Dingin, Inilah Alasannya

 4. Makanan dan minuman yang asam

Makanan dan minuman yang dominan dengan rasa dan kandungan yang asam patut dihindari saat asam lambung sedang naik, karena kandungan asam di dalam makanan dan minuman tersebut akan semakin memperburuk kondisi pencernaan yang sudah asam.