Find Us On Social Media :

Anak Demam Setelah Imunisasi, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Mengatasi demam pada anak setelah imunisasi.

GridHEALTH.id - Memberikan anak imunisasi merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap orangtua untuk melindungi anak.

Bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahap II, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga mengajak orangtua untuk membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi.

"Jangan lupa bapak dan ibu, anak-anaknya untuk divaksinasi supaya anak sehat," kata Menkes Budi, dikutip dari laman Sehat Negeriku, Rabu (3/8/2022) pekan lalu.

BIAN menjadi momen untuk meningakatkan cakupan imunisasi anak. Terlebih selama pandemi Covid-19, cakupan angka imunisasi anak mengalami penurunan.

Imunisasi melindungi anak

Dokter Spesialis Anak dari RSIA Bina Medika Bintaro, dr. Marissa Tania Stephanie Pudjiadi, Sp.A, mengingatkan pentingnya imunisasi dasar lengkap bagi anak.

"Imunisasi telah terbukti efektif dalam mencegah penularan penyakit infeksi secara spesifik," kata dokter Marissa kepada GridHEALTH.id, Rabu (10/8/2022).

Imunisasi anak dapat dilakukan di fasilitas layanan kesehatan, seperti rumah sakit maupun puskesmas.

Demam setelah imunisasi

Baca Juga: ASI Eksklusif, Cara Bayi Mendapatkan Imunisasi Pertama dan Komposisinya yang Tidak Dapat Dibandingkan dengan Susu Formula

Meski imunisasi anak merupakan hal yang penting, tapi sebagian orangtua masih merasa khawatir, terutama bila anak demam.

Lebih lanjut dijelaskan oleh dokter Marissa, demam setelah imunisasi merupakan KIPI atau kejadian ikutan pasca imunisasi. KIPI yang terjadi bisa ringan hingga berat.