Find Us On Social Media :

Perkembangan Motorik dan Kognitif Anak Dapat Dimaksimalkan Melalui Periode Winning Window

Orangtua wajib pastikan perkembangan motorik dan kognitif anak melalui optimalisasi periode winning window.

GridHEALTH.id - Kemajuan dunia yang semakin modern, tentu menjadi keuntungan dan tantangan tersendiri bagi orangtua yang sedang membesarkan anak-anaknya.

Dibutuhkan kemampuan diri, mulai dari motorik dan kognitif sebagai bekal anak untuk berkembang dalam menghadapi kehidupan yang akan datang.

Perkembangan motorik dan kognitif anak adalah dua elemen yang tidak dapat dipisahkan, maka orangtua sudah seharusnya dapat memaksimalkan keduanya.

Hal ini juga disampaikan oleh dr. Margareta Perkembangan motorik dan kognitif berjalan searah. Ketika si Kecil belajar gerakan motorik, perkembangan kognitif juga dimulai."

Maka menjadi penting untuk memperhatikan kedua hal ini bersamaan dengan intervensi sejak dini, "Bahkan bila anak mengalami keterlambatan atau defisit dalam keterampilan motorik kasarnya, maka hal ini dapat berdampak pada perkembangan kognitifnya. Oleh karena itu,intervensi sejak dini sangat penting untuk memperbaiki efek gangguan motorik pada area pertumbuhan lainnya seperti pembelajaran atau perkembangan sosial anak,” kata dr. Margareta 

Untuk mendukung perkembangan motorik dan kognitif anak ini, orangtua perlu untuk memaksimalkan perkembangan anak saat periode winning window sebagai bentuk intervensi sejak dini.

Memaksimalkan periode winning window dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara lebih optimal dengan cara memberikan anak winning nutrition dan winning parenting.

Data penelitian juga menyebutkan, daya tahan tubuh yang baik melalui optimalisasi winning window dapat membantu anak untuk mengembangkan keterampilan motorik halus 26% lebih baik dan memiliki nilai kognitif 3 poin lebih tinggi.

Optimalisasi pada periode winning window ini diperlukan untuk mengoptimalkan periode sensitif anak yaitu diusia 0-8 tahun dengan memberikan stimulasi yang tepat.

Baca Juga: Healthy Move, Aktivitas yang Sesuai Untuk Tumbuh Kembang Anak SD

Winning nutrition terdiri dari FOS:GOS (prebiotik), Omega 3, Omega 6, dan DHA yang baik untuk perkembangan kognitif anak dan orangtua dapat memberikannya kepada anak sejak dini.

Beberapa contoh dari makanan yang mengandung FOS:GOS (prebiotik) adalah yogurt, tempe, mozzarella, cheddar, cottage, acar, kefir, dan lainnya.