Find Us On Social Media :

Ini 2 Faktor Risiko Tertinggi Munculnya Kanker Menurut Studi Terbaru

Merokok dan usia tua jadi dua faktor risiko terbanyak penyebab kanker.

GridHEALTH.id - Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Cancer Medicine menemukan bahwa orang yang merokok secara teratur memiliki risiko lebih tinggi terkena hampir semua jenis kanker dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Risiko absolut untuk kanker juga meningkat untuk hampir semua peserta penelitian yang berusia di atas 50 tahun.“Ketika kami mempertimbangkan kemungkinan bahwa tes di masa depan mungkin dapat mengidentifikasi beberapa jenis kanker, kami perlu mulai memahami siapa yang paling berisiko mengembangkan semua jenis kanker,” kata penulis utama studi Dr. Alpa Patel, wakil presiden senior dari ilmu kependudukan di American Cancer Society.

"Jenis data ini tidak tersedia secara luas, tetapi diperlukan untuk menginformasikan opsi skrining di masa depan, seperti tes deteksi dini multi-kanker berbasis darah yang dapat membantu menyelamatkan nyawa."

Faktor risiko lain pada pria termasuk asupan alkohol, riwayat keluarga, konsumsi daging merah, dan kurangnya aktivitas fisik.

Faktor risiko lain untuk wanita termasuk BMI tinggi, diabetes tipe 2, histerektomi, ligasi tuba, riwayat keluarga, tekanan darah tinggi, dan aktivitas fisik.Meskipun kanker bisa bersifat genetik dalam beberapa kasus, ada banyak cara kita dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis kanker.

Beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan termasuk menghindari merokok dan menggunakan produk tembakau, karena ini telah terbukti secara signifikan meningkatkan risiko terkena berbagai jenis kanker.

Makan makanan yang sehat adalah cara lain untuk mengurangi risiko kanker.  Ini berarti makan banyak buah dan sayuran, serta membatasi asupan daging olahan dan daging merah.

Mempertahankan berat badan yang sehat juga penting, karena obesitas telah dikaitkan dengan peningkatan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker.Berolahraga secara teratur adalah cara lain yang bagus untuk mengurangi risiko kanker. Olahraga telah terbukti membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara, prostat, paru-paru, usus besar, dan ginjal.

Ada juga beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko kanker kulit. Mengenakan tabir surya dan menghindari tanning bed adalah cara yang bagus untuk melindungi kulit Anda dari sinar UV penyebab kanker kulit.

Baca Juga: Memahami Tahapan Kanker Leher, Kesulitan Menelan Bisa Jadi Gejala Awal

Baca Juga: Polip Rahim Bisa Menganggu Kesuburan, Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

Meskipun kita tidak dapat sepenuhnya menghilangkan risiko kanker, membuat beberapa perubahan gaya hidup dapat membantu mengurangi peluang kita terkena penyakit ini.

Kita juga dapat berbincang-bincang dengan dokter langganan tentang cara lain untuk menurunkan risiko jika kita khawatir. (*)