Find Us On Social Media :

Ikut Lomba Makan Kerupuk 17 Agustus, Hati-hati Kalorinya Sama dengan Sepiring Nasi

Kerupuk lomba 17 Agustus kalorinya setara sepiring nasi.

GridHEALTH.id -Lomba makan kerupuk menjadi salah satu perlombaan yang ikonik saat perayaan hari kemerdekaan.  Dari anak hingga remaja selalu ikut serta dalam lomba ini.

Tidak hanya saat lomba 17 Agustus, masyarakat Indonesia sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Sehingga ada yang terasa kurang kalau makan tidak ditemani kerupuk.

Kerupuk merupakan salah satu jenis makanan kering yang berbahan dasar tepung dan biasanya dicampur dengan bahan lain untuk memberikan rasa, seperti ikan dan udang.

Sebagian kerupuk diberi nama sesuai jenis pemberi rasanya. Misalnya kerupuk udang yang terdiri dari campuran tepung dan udang. Ketika digoreng kerupuk ini akan mengalami perubahan ukuran menjadi lebih besar dan memiliki tekstur yang renyah.

Jika dilihat dari bahan yang digunakan dalam pembuatannya, kerupuk terbuat dari tepung, bahan yang memiliki kandungan pati cukup tinggi.

Pati merupakan salah satu sumber karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi bagi tubuh. Ditambah lagi jika digoreng menggunakan dengan minyak, kerupuk menjadi salah satu makanan ringan yang menyumbang energi yang cukup tinggi untuk tubuh.

Baca Juga: Bahaya Tersembunyi Dibalik Renyahnya Kerupuk Sebagai Lauk Pendamping Saat Makan

Baca Juga: Usir Nyeri Sendi Akibat Asam Urat dengan 5 Infused Water Ini

Sejatinya kandungan gizi tepung sangat terbatas karena hanya terdiri dari zat pati. Tambahan zat gizi pada kerupuk biasanya hanya member rasa.

Misalnya, jika diberi campuran udang atau ikan, maka kerupuk akan memiliki tambahan kandungan protein yang diperoleh dari udang atau ikan tersebut.

Kerupuk yang digunakan dalam lomba 17 Agustus biasanya adalah kerupuk berisi pati saja. Kandungan energi yang cukup tinggi, juga membuat kerupuk sebaiknya tidak  dikonsumsi terlalu  banyak apalagi dijadikan camilan.

Jika terlalu banyak dikonsumsi, karbohidrat di dalam kerupuk akan berubah menjadi lemak. Apalagi orang yang mengonsumsinya malas berolahraga. 

Sebuah kerupuk putih mengandung 100-150 kalori yang sama dengan sepiring nasi. Jadi, di dalam kerupuk lomba 17 Agustus 2022 yang berukuran kecil dan seolah tak berharga itu sebenarnya terkandung kalori yang sangat besar.  Kerupuk yang dimakan bersama dengan nasi menambah kalori hingga dua kali lipat. (*)