Find Us On Social Media :

Dosis Ketiga Belum Tercapai, Booster ke 2 Belum Akan Diberikan Kepada Masyarakat

Menkes Budi belum akan mewajibkan pemberian dosis vaksinasi keempat kepada masyarakat, karena capaian dosis ketiga yang masih rendah.

GridHEALTH.id - Pandemi Covid-19 masih menjadi isu hangat yang perlu diwaspadai oleh masyarakat, meskipun tidak perlu terlalu panik.

Pemberian vaksinasi menjadi salah satu langkah pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di Indonesia, mulai dari dosis vaksin pertama hingga dosis vaksin keempat.

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih dikatakan relatif aman dibandingkan dengan jumlah kasus di negara lainnya, namun demikian pemerintah masih terus menargetkan capaian vaksinasi sebagai langkah penanganan Covid-19 ke depannya.

Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia

Jika dilihat dari jumlah kasus harian Covid-19 di Indonesia, tercatat per 10 Agustus 2022 terdapat kenaikan kasus sebesar 5.926 dengan total menjadi 6.261.605 kasus di Indonesia.

Dalam beberapa waktu terakhir memang jumlah kasus harian Covid-19 bisa dikatakan selalu berada diangka antara 4.000 hingga 6.000 kasus per harinya.

Namun, Menko Airlangga dalam acara peluncuran buku vaksinasi Covid-19 menyebutkan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia masih tergolong dalam kondisi aman dan terkendali. 

"Kita BA.4 dan BA.5 kok rendah? Itu gara-gara itu tadi (capaian antibodi dan sero survey tinggi), karena sudah cukup tinggilah imunitasnya," kata Menkes Budi Gunadi yang menjelaskan mengenai kondisi Covid-19 di Indonesia saat ini.

Data Dosis Vaksinasi Covid-19

Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia yang masih tergolong aman, salah satunya karena capaian dosis vaksinasi yang tinggi.

Mengingat berdasarkan data jumlah capaian dosis vaksinasi yang diberikan kepada masyarakat sebanyak 400 juta dosis kepada 200 juta penduduk Indonesia, "Dibanding negara lain, ini juga achievement yang luar biasa,"kata Menko Airlangga.

Baca Juga: Menkes RI Luncurkan Buku Vaksinasi Covid-19, Rangkuman Perjalanan Dinamika Covid-19 di Indonesia