Find Us On Social Media :

Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita GERD, Tak Khawatir Perut Kembung

Cara minum kopi yang aman dan nyaman bagi penderita GERD.

GridHEALTH.id – Kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan sejumlah orang. Bila tidak minum kopi, rasanya seperti ada yang kurang.

Tren kopi saat ini juga menyebabkan beberapa orang yang sebelumnya tidak terbiasa minum kopi, tertarik untuk mengonsumsinya.

Belakangan, coffee shop juga menjamur di mana-mana dan selalu saja ada yang mengantre untuk membeli kopi.

Namun, tidak semua orang bisa dengan nyaman menyeruput kopi yang telah dibuat sendiri atau dipesan dari coffee shop.

Sejumlah orang, terutama yang mempunyai permasalahan pada lambungnya, kerap kali merasakan ketidaknyamanan setelah minum kopi.

Perut kembung dan bahkan mual hingga ingin muntah, menjadi kondisi yang paling sering dikeluhkan oleh penderita penyakit asam lambung setelah minum kopi.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi RS Pondok Indah-Pondok Indah, dr. Femmy Nurul Akbar, Sp.PD-KGEH, menjalaskan mengapa penderita penyakit asam lambung kerap merasakan hal tersebut.

Ia menerangkan, bahwa perut kembung hingga mual, sepenuhnya dipengaruhi oleh sifat dari kopi yang diminum.

“Kopi merupakan salah satu makanan yang bersifat iritatif, mkaa dapat meningakibatkan produksi asam lambung yang berlebihan,” kata dokter Femmy kepada GridHEALTH.id, Rabu (10/08/2022).

Produksi asam lambung yang meningkat, pada akhirnya mengakibatkan penderita penyakit asam lambung mengalami gejala kembung dan mual.

Jika begitu, apa artinya penderita penyakit asam lambung atau penyakit refluks gastroesofagus (GERD) sama sekali tidak boleh minum kopi?

 Baca Juga: Asam Lambung Naik, Sebaiknya Hindari Konsumsi Makanan Ini Agar Tidak Semakin Parah