Find Us On Social Media :

Minyak Kelapa Mengurangi Risiko Rambut Beruban dan Rambut Rontok

Minyak kelapa membantu mengatasi rambut beruban dan rambut rontok.

GridHEALTH.id - Minyak kelapa adalah produk alami yang dapat kita gunakan untuk mencoba meningkatkan pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan rambut.

Terlebih lagi, ini juga dapat membantu mengurangi risiko uban. Ini karena ia berhasil memelihara, memperbaiki, dan membentengi dari akar hingga ujungnya.Sangat menarik untuk mengetahui bahwa dalam satu penelitian, menggunakan minyak kelapa yang dicampur dengan herbal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut memberikan hasil yang positif. Beberapa orang mengoleskannya ke rambut kering dan membiarkannya selama beberapa menit untuk melembabkannya sebelum mencucinya, dan beberapa orang menambahkan sedikit minyak ke masker, krim mandi, atau kondisioner mereka, untuk meningkatkan efeknya. Semua ini tergantung pada kebiasaan dan preferensi individu.Rambut beruban tidak hanya muncul karena usia atau stres. Alasannya sedikit lebih rumit daripada yang mungkin kita pikirkan. Kehilangan melanin adalah faktor kunci.Pertama-tama, uban mulai terlihat karena hilangnya melanin, yang menipis seiring bertambahnya usia. Namun, senyawa ini juga bisa menurun pada usia dini, bahkan sebelum usia 20 tahun.Melanin terletak di bawah kulit kepala dalam semacam tabung yang kita kenal sebagai folikel rambut. Folikel dapat mengalami masalah dan dengan demikian mendorong munculnya uban.Pengaruh hidrogen peroksidaKedua, sains telah mengidentifikasi hidrogen peroksida sebagai senyawa kimia yang bertanggung jawab untuk memutihkan rambut. Ini secara langsung mempengaruhi produksi melanin yang disebutkan di atas.Kelebihan oksigen peroksida terjadi ketika enzim antioksidan tidak cukup dalam memecahnya menjadi air dan oksigen.Memang benar bahwa masih banyak yang perlu diketahui tentang mengapa rambut berubah menjadi abu-abu.

Namun, yang jelas kebiasaan hidup yang buruk selain rutinitas perawatan rambut yang buruk dapat mempengaruhi penampilan dan kesehatan rambut.

Mengapa rambut rontok? Setiap hari kita kehilangan sejumlah rambut karena pembaruan jaringan epitel. Oleh karena itu, wajar jika saat kita menyikat dan melakukan hal lain, sebagian rambut akan rontok.

Baca Juga: Ilmuwan Filipina Mengklaim Minyak Kelapa Murni Dapat Menghancurkan Virus Corona

Baca Juga: Healthy Move, Line Dance Cocok Untuk Semua Usia, Gabungan Senam Tubuh dan Senam Otak

Jadi, secara umum, rambut bisa rontok karena berbagai alasan, termasuk perubahan musim, periode stres yang hebat, perawatan rambut yang buruk (pilihan dan aplikasi produk kosmetik yang tidak cocok, kurangnya hidrasi, dll.), perubahan hormonal, masalah kesehatan (seperti hipotiroidisme), dan pola makan yang buruk.Minyak kelapa dapat membantu kita merawat rambut dengan lebih baik dan karenanya menghindari masalah seperti rambut rontok, rambut beruban dan kekeringan yang berlebihan.

Mari kita lihat beberapa pengobatan rumahan yang diusulkan untuk tujuan ini di bawah ini. Bahan:

3 sendok makan minyak kelapa (45 g)

2 sendok makan minyak esensial sage (30 g)

- Campur kedua minyak dan masukkan ke dalam wadah yang sesuai untuk pemanasan.

Baca Juga: Ahli Jantung Sebut Bahaya Makan Larut Malam, Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung