Find Us On Social Media :

Perut Adalah Otak Kedua Manusia, Pengaruhi Perilaku, Emosi, dan Logika

Perut adalah otak kedua manusia.

GridHEALTH.id - Selain otak yang ada di kepala, ada juga otak di bawah.

Maksudnya otak di bawah itu adalah perut.

Sebab perut adalah otak kedua manusia.

Menurut dr. Budi Purnomo, Sp.A (K), pencernaan yang sehat dapat memengaruhi perkembangan otak dan juga sebaliknya.

Secara umum, saluran cerna memengaruhi otak dalam hal mengatur perilaku, emosi, dan logika, sedangkan otak memengaruh saluran cerna dalam hal penyerapan nutrisi yang dikonsumsi.

Keterkaitan antara keduanya (otak dan saluran cerna) ini dikenal dengan istilah gut-brain axis.

Menurut dr subspesilis Gastro ini, dilansir dari laman RSAB Harapan Kita, Jakarta, orang tua manapun pasti mendambakan anak tumbuh sehat, cerdas, dan kuat.

Karenanya orangtua perlu tahu, bahwasannya begitu besar peran otak kedua bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, menjaga sistem pencernaan makanan pun menjadi kunci penting untuk tumbuh kembang anak.

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar saluran cerna dan otak kedua anak senantiasa sehat yaitu dengan memberikan asupan nutrisi yang seimbang secara teratur, rutin beraktivitas fisik, dan memiliki pola istirahat yang cukup, sehingga anak bisa tumbuh sehat sambil belajar dan bermain dengan ceria.Ciri sistem pencernaan yang normal dan sehat antara lain buang air besar secara teratur, feses berwarna cokelat dan tidak keras serta berat badan stabil.

Sedangkan beberapa gangguan pencernaan yang umum dialami oleh anak – anak  diantaranya perut kembung, kolik, sembelit dan diare.

Baca Juga: Risiko Cedera Lomba 17 Agustus, Perhatikan Ini Supaya Safety

Jangan biarkan anak kita menderita karena sistem pencernaan yang terganggu.