Find Us On Social Media :

Menteri Kesehatan Sebut Indonesia Masuk 5 Negara Terbaik Penanganan Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin umumkan Indonesia masuk 5 besar penanganan Covid-19.

GridHEALTH.id - Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia masuk ke dalam daftar lima negara dengan penanganan pandemi Covid-19 terbaik. Hal itu disampaikannya terkait terkait Anggaran Kesehatan 2023."Anggaran sektor kesehatan naik kemudian turun. Kalau saya melihat ini adalah keberhasilan yang dilakukan oleh Indonesia. Pertama, kalau saya bandingkan dengan negara-negara lain, itu naiknya luar biasa tinggi," beber Menkes dalam Konferensi Pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, Selasa (16/08/2022)."Kita relatif naik dari 113 T ke 300 T, tapi naiknya kita jauh di bawah negara-negara lain. Itu kita berhasil mendapatkan lima negara terbaik dalam penanganan pandemi (Covid-19)," sambungnya.

Lebih lanjut Menkes menjabarkan, anggaran tersebut mencakup rencana reformasi sistem kesehatan. Di antaranya, terkait upaya berjaga-jaga jika kelak pandemi datang lagi. Tak lain, dengan membangun laboratorium kesehatan di daerah-daerah."Transformasi layanan primer ini menjaga kita agar tetap hidup sehat. Kita akan revitalisasi 300 ribu posyandu, Puskesmas juga akan kita perbaiki, standar layanannya," ungkap Menkes."Laboratorium kesehatan masyarakat kita belajar dari kemarin akan kita bangun secara terstruktur di daerah-daerah sehingga nanti ada next pandemi kita lebih kuat dan masyarakat kita dijaga agar hidup sehat," pungkasnya.

Sayangnya Budi tidak menyebutkan negara-negara lain yang masuk dalam lima besar. Namun tentunya pencapaian ini patut diapresiasi.

Tapi kita tetap harus waspada karena pada Selasa (16/08/2022), Indonesia mencatat 5.869 kasus baru COVID-19 hari ini, Selasa (16/08/2022). Seiring itu, tercatat sebanyak 5.803 pasien sembuh dan 25 pasien meninggal dunia akibat COVID-19.Total kasus Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia ada sebanyak 6.292.231. Sedangkan kasus aktif Covid-19 ada sebanyak 52.222.Hari ini juga tercatat 112.409 spesimen diperiksa, dengan jumlah suspek pasien COVID-19 sebanyak 7.015.Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) seluruh Indonesia dilanjutkan hingga 29 Agustus 2022. Seluruh wilayah Indonesia termasuk Jabodetabek kembali berada di level 1.Berdasarkan aturan Inmendagri Nomor 40 Tahun 2022, mal, bioskop, hingga supermarket, diizinkan beroperasi dengan kapasitas 100%

Baca Juga: Ingat, Ini 3 Tambahan Vaksin Anak Bagian Program Imunisasi Dasar

Baca Juga: Perubahan Gaya Hidup Dapat Menurunkan Hipertensi, Cukup Lakukan Hal-hal Ini

Work from office (WFO) juga kembali diperbolehkan 100% dengan ketentuan pegawai sudah divaksinasi Covid-19 dan wajib menggunakan PeduliLindungi.Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal menyebut pemerintah tetap memperpanjang PPKM di tengah COVID-19 yang diklaim terkendali, demi menjaga kewaspadaan masyarakat."Penetapan Level 1 pada seluruh wilayah Jawa-Bali juga berdasarkan pertimbangan dan masukan dari para pakar dengan mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima GridHEALTH.id, Selasa (16/08/2022). (*)