Find Us On Social Media :

Perubahan Gaya Hidup Dapat Menurunkan Hipertensi, Cukup Lakukan Hal-hal Ini

Berolahraga rutin, salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi.

GridHEALTH.id - Banyak orang dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi bahkan mungkin tidak tahu bahwa mereka memilikinya. Makanya sering disebut silent killer. Kita kadang-kadang dapat mengalami sakit kepala tetapi gejala lain jarang terjadi.

Tekanan darah tinggi terbentuk perlahan seiring waktu. Ini adalah salah satu alasan kita mungkin tidak memperhatikan gejala.

Tekanan darah dianggap normal dengan pembacaan 120/80. Ini dianggap rendah setelah jatuh ke 90/60 atau lebih rendah. Tekanan darah tinggi diukur pada berbagai tingkat:

Tinggi: 120-129/80 atau kurang

Hipertensi stadium 1: 130-139/80-89

Hipertensi stadium 2: 140 atau lebih tinggi/90 atau lebih tinggi

Hipertensi stadium 3: Lebih tinggi dari 180 / lebih tinggi dari 120

Pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang buruk dan kurang olahraga adalah faktor yang mempengaruhi tekanan darah. Kondisi kesehatan lain seperti diabetes dan obesitas meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi bisa menyerang siapa saja. Faktor-faktor risiko ini meningkatkan peluang kita untuk mengembangkan kondisi ini:

Riwayat keluarga: Kerabat dekat dengan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko kita karena seringkali merupakan kondisi genetik.

Usia: Orang tua (lansia) lebih berisiko terkena tekanan darah tinggi karena pembuluh darah secara bertahap kehilangan sebagian dari kualitas elastisnya seiring waktu.

Jenis kelamin: Hingga usia 64 tahun, pria lebih mungkin terkena tekanan darah tinggi daripada wanita. Hal sebaliknya berlaku untuk usia 65 tahun ke atas.