Find Us On Social Media :

4 Obat Kolesterol Alami, Bahan-bahannya Mudah Ditemukan di Dapur

Kunyit salah satu obat alami kolesterol tinggi.

GridHEALTH.id – Bahan-bahan alami yang ada di dapur rumah, ternyata ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

Jika dibiarkan tanpa adanya penanganan lebih lanjut, kadar kolesterol tinggi berisiko menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Melansir British Heart Foundation, kadar kolesterol yang tinggi akan membuat darah sulit mengalir, sehingga berisiko terjadi serangan jantung atau stroke.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari gaya hidup sehari-hari sampai pengaruh dari kondisi medis tertentu seperti overweight atau diabetes.

Selain mengandalkan pengobatan kimia, obat kolesterol alami juga bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Adapun bahan-bahan di dapur yang bisa digunakan sebagai obat kolesterol alami adalah seperti berikut ini.

1. Bawang putih

Bawang putih salah satu dari obat kolesetrol alami yang bisa ditemukan dengan mudah di dapur.

Pengidap kolesterol tinggi dapat mengonsumsi bawang putih secara mentah atau dimasak terlebih dulu dengan jenis makanan yang lainnya, dilansir dari Healthline.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bawang putih ampuh menurunkan kadar kolesterol tinggi, serta masalah lain seperti tekanan darah tinggi hingga memperlambat perkembangan aterosklerosis.

Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, efeknya bisa didapatkan jika mengonsumsi bawang putih selama 1-3 bulan.

Baca Juga: 3 Jenis Teh yang Jadi Andalan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi