Find Us On Social Media :

Seekor Anjing Tertular Cacar Monyet dari Manusia, WHO Wanti-wanti Pemilik Hewan Peliharaan

Anjing di Paris menunjukkan gejala cacar monyet dan dinyatakan positif terinfeksi.

GridHEALTH.id - Seekor anjing di Paris yang terinfeksi cacar monyet, membuat gempar banyak orang.

Anjing tersebut diketahui merupakan hewan peliharaan dua orang pria, yang memang sedang terpapar cacar monyet.

Pimpinan teknis respons cacar monyet untuk WHO, dr Rosamund Lewis, mengatakan ini merupakan kejadian pertama penularan cacar monyet dari manusia ke hewan.

Kedua orang pria yang terinfeksi memang tinggal bersama dan positif virus monkeypox, pada awal Juni lalu.

Berdasarkan informasi dari laporan di jurnal The Lancet, 12 hari kemudian setelah diagnosis keluar, anjing mereka yang berusia 4 tahun mulai menunjukkan gejala cacar monyet.

Tak berbeda dari manusia, gejala cacar monyet yang dialami anjing tersebut berupa lesi di kulit.

Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata lesi tersebut memang terjadi akibat virus monkeypox, seperti yang dialami oleh kedua pemiliknya.

Penularan cacar monyet dari manusia ke anjing ini, disebabkan karena mereka membiarkan hewan peliharaannya tersebut tidur di kasur yang sama.

Sebelum gejala pada anjignya muncul, mereka juga sudah mulai menjauhkan anjing greyhound Itali itu dari hewan ataupun orang lain.

"Sejauh pengetahuan kami, kinetika onset gejala pada kedua pasien dan, selanjutnya, pada anjing mereka, menunjukkan penularan virus monkeypox dari manusia ke anjing," tulis peneliti tersebut, dikutip dari CNN, Kamis (18/8/2022).

"Mengingat kulit anjing dan lesi mukosa serta hasil PCR virus monkeypox positif, kami berhipotesis itu hal yang nyata, bukan pembawa virus sederhana melalui kontak dekat dengan manusia atau penularan melalui udara (atau keduanya)," sambung mereka.

Baca Juga: Seperti Ini Kondisi Infeksi Cacar Monyet yang Berujung Kematian