Find Us On Social Media :

Amankah Berhubungan Intim Saat Hamil Muda? Inilah Posisi Seks yang Aman dan Bisa Dicoba

Salah satu posisi seks teraman saat hamil muda.

GridHEALTH.id - Melakukan hubungan seks dengan pasangan saat hamil muda memang banyak yang mengatakan baiknya ditunda.

Kalaupun ada yang membolehkannya, tapi dengan sekian banyak syarat dan cara yang harus dilakukan.

Memang, jelas dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Hasto Wardoyo, SpOG, menjelaskan bahwa hubungan suami istri saat hamil muda dapat memicu kontraksi sehingga menyebabkan keguguran."Ada semacam mitos kalau berhubungan saat hamil bisa menguatkan kandungan. Itu mitos. Sebetulnya sperma suami mengeluarkan prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi dan memicu keguguran," kata dr. Hasto, dalam program Setroom Secret at Newsroom di CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.Prostaglandin merupakan hormon yang berfungsi untuk melunakkan mulut rahim sehingga dapat meningkatkan kontraksi.

Baca Juga: Mengalami 1 dari 5 Kondisi Ini, Baiknya Vaksin Booster Ditunda Dulu

"Saat hamil muda sebaiknya banyak istirahat sehingga tidak kontraksi dan tidak keguguran," papar dr. Hasto, yang juga Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dikutip dari CNNIndoensia (6/11/2020).Terpenting yang Harus DiperhatikanTapi ketahuilah, selama ibu hamil dalam keadaan yang sehat dan tidak memiliki riwayat gangguan kehamilan atau keguguran sebelumnya, berhubungan intim saat hamil muda sebenarnya aman dilakukan.Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berhubungan intim saat hamil muda dapat dilakukan dengan nyaman, di antaranya, dilansir dari AloDokter:

* Ciptakan suasana yang nyaman

Baca Juga: Pusing Kepala Saat Bangun Tidur, Kebanyakan Tidur Hingga Gejala Stroke

Gairah seksual ibu hamil muda biasanya akan menurun akibat beragam gejala dan perubahan yang dialami pada kehamilan trimester pertama. Maka dari itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan suasana yang nyaman terlebih dahulu.Pastikan suhu ruangan nyaman, ada alas yang aman dan nyaman untuk berbaring, dan jauh dari aroma yang menyengat. Anda juga bisa menyalakan lilin atau musik untuk membuat suasana makin nyaman.

* Berhubungan intim dengan posisi yang amanPosisi badan memainkan peran penting dalam berhubungan intim saat hamil. Hal ini karena adanya janin atau bayi dalam kandungan, sehingga posisi yang dilakukan tidak boleh sembarangan.Sebaiknya lakukan hubungan intim dalam posisi yang nyaman untuk ibu hamil. Posisi berbaring menyamping dan woman on top dapat menjadi pilihan. Pastikan tidak menekan atau mengimpit perut ibu hamil, seperti pada posisi misionaris atau telentang.

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

* Rileks saat melakukan penetrasiAgar berhubungan intim semakin nyaman, janganlah terburu-buru dan usahakan untuk selalu relaks. Bila perlu, gunakan pelumas vagina.

Hal ini akan membantu ibu hamil merasa tidak sakit ketika penetrasi dilakukan. Jangan memaksa ibu hamil untuk berhubungan intim jika memang ia sedang tidak mood. Bersabarlah dan tunggu momen yang tepat, kemudian lakukan kedua cara di atas.Untuk meminimalkan bahaya berhubungan intim saat hamil muda, ibu hamil sebaiknya memeriksakan diri secara rutin ke dokter kandungan. Jika masih ragu, tanyakan ke dokter kandungan apakah perlu menghindari hubungan intim saat hamil muda.