Find Us On Social Media :

4 Pengobatan Rumahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat atau acne scars dapat dihilangkan dengan pengobatan rumahan.

GridHEALTH.id - Ada banyak penyebab bekas jerawat (acne scars). Misalnya kehadiran lemak yang berlebihan di kulit. Terlalu banyak minyak dan lemak mencegah keringat yang tepat. Hal ini menyebabkan pori-pori tersumbat yang dapat memperumit jaringan parut saat kita memencet jerawat.

Bisa juga akibat akumulasi bakteri. Bakteri menyebar di sekitar folikel rambut. Ketika kita tidak mencuci muka dengan cukup baik, bakteri ini meningkatkan jerawat.

Meskipun memiliki jerawat mengganggu,  penting bagi kita untuk tidak mencoba menghilangkan jerawat dengan cara yang salah. Ini termasuk memencet jerawat, menggunakan elemen yang mengiritasi, dan menggosok dengan spons kasar atau terlalu sering digunakan.

Ada serangkaian pengobatan rumahan alam yang bisa menghilangkan bekas luka akibat jerawat.

1. Lidah Buaya

Ambil satu sendok makan lidah buaya (15 ml) dan pijat wajah bersih dengan gerakan melingkar. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini tiga kali seminggu.

2. Lemon

Lemon bertindak sebagai agen pemutih alami. Oleh karena itu, ini adalah pilihan sempurna untuk menghilangkan bekas jerawat dan tanda lain pada kulit. Ini juga menghilangkan sel-sel mati, yang memfasilitasi regenerasi kulit dan elastisitasnya. Vitamin C yang ada dalam lemon sangat penting untuk produksi kolagen.Coba metode berikut untuk membatalkan masalah:

- Untuk kulit normal: Ekstrak jus dari lemon dan oleskan langsung ke bekas luka jerawar dengan bola kapas. Biarkan selama 10 menit dan bilas. Oleskan dua kali sehari untuk memperbaiki kerusakan secepat mungkin.

-  Untuk kulit berminyak: Madu mencegah kulit  mengering sekaligus mengontrol minyak. Ambil jus dari satu lemon dan campurkan dengan 1 sendok teh madu (5 ml). Oleskan ke bekas luka dan biarkan selama 15 menit. Bilas dan ulangi setiap hari.

Baca Juga: Penyebab Jerawat Muncul di Badan dan Cara Ampuh Mengobatinya

Baca Juga: Healthy Move, Ini 5 Latihan Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Bahu