Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ini 5 Latihan Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Bahu

Nyeri bahu dapat diatasi dengan gerakan -gerakan ini.

GridHEALTH.id - Rasa sakit dapat membatasi kemampuan kita untuk melakukan tugas sehari-hari dan menghentikan kita dari melakukan beberapa hal yang kita sukai.

Sayangnya, nyeri bahu cukup umum, dan dapat mempengaruhi 18% hingga 26% orang dewasa selama hidup mereka.Kondisi bahu bisa lebih umum seiring bertambahnya usia tubuh. Nyeri di bahu  bisa terjadi tiba-tiba, atau perlahan-lahan bertambah seiring waktu.

Terkadang, sulit untuk mengetahui dengan tepat apa yang menyebabkan rasa sakit, karena semua yang ada di tubuh kita terhubung, masalah di bagian tubuh lainnya, seperti leher atau punggung, dapat menyebar ke bahu dan menyebabkan rasa sakit.Umumnya, nyeri bahu ringan dapat diatasi di rumah dengan istirahat, es, obat anti-inflamasi nonsteroid, dan peregangan ringan.

Namun, jika rasa sakit tidak hilang setelah beberapa minggu (atau parah atau akibat cedera), penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan sesuatu yang serius bukanlah penyebabnya.

Jika  mengalami nyeri bahu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan di rumah untuk membantu meringankan gejalanya.

Penn Medicine merekomendasikan untuk membekukan area tersebut selama 15 menit, lalu mengeluarkan es selama 15 menit.

Kita dapat mengulangi ini hingga tiga hingga empat kali per hari, selama dua hingga tiga hari, sesuai kebutuhan.

Pastikan untuk membungkus es dengan kain atau handuk kertas , kontak langsung dapat menyebabkan radang dingin. Gunakan ibuprofen atau asetaminofen untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.Banyak latihan dapat membantu meregangkan dan memperkuat otot bahu dan tendon di sekitarnya.

Sebaiknya tanyakan kepada dokter atau ahli terapi fisik sebelum memulai program olahraga apa pun untuk memastikannya tepat untuk kita.

Baca Juga: Nyeri Bahu Jangan Dianggap Sepele Karena Bisa Jadi Awal Tulang Keropos

Baca Juga: Makanan Bayi Buatan Sendiri vs. Makanan Bayi Beli di Toko, Lihat Masing-masing Kelebihannya

Ingat, jika rasa sakit kita parah, segera dapatkan bantuan medis, dan perlu diingat bahwa rasa sakit yang tiba-tiba di bahu kiri mungkin merupakan indikasi serangan jantung.Latihan bahu ini dapat dilakukan tiga hingga enam kali per minggu untuk membantu meringankan nyeri bahu.