Find Us On Social Media :

Sariawan di Lidah Bikin Makan Jadi Tak Enak, Ini Cara Mengobatinya

Selalu menjaga kebersihan mulut dan lidah dapat menghindarkan kita pada sariawan di lidah.

GridHEALTH.id - Sariawan di lidah dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti luka kecil berbentuk bulat atau oval dan berwarna putih atau kekuningan yang muncul di bagian manapun di lidah.

Ada bermacam penyebab sariawan di lidah. Namun tersering adalah mulut kering. Dalam hal ini air liur amat sangat berperan penting untuk menjaga kelembapan mulut.

Jika mulut kita kering, maka otomatis kuman dan bakteri penyebab infeksi di mulut akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak semakin banyak.

Pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali ini yang dapat membuat anda lebih mudah mengalami infeksi di mulut dan menjadi salah satu penyebab sariawan di lidah.Sariawan yang muncul di lidah juga bisa diakibatkan  karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, asam hingga panas.

Di mana makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi di lidah dan jaringan lunak mulut yang dapat memicu munculnya sariawan.

Makanan tersebut juga dapat memperparah kondisi sariawan di lidah. Sementara buah asam seperti jeruk, nanas, dan lemon tidak secara langsung memicu munculnya sariawan.

Akan tetapi, masalah sariawan muncul ketika buah asam mulai menekan jaringan mulut yang terluka.

Pertumbuhan jamur Candida albicana juga termasuk penyebab sering sariawan di lidah. Terutama jika pertumbuhannya sangat berlebihan pada mulut.

Jamur ini akan membentuk lapisan berwarna putih berupa bercak-bercak. Nantinya bercak ini akan menjadi sariawan di lidah.

Dilansir dari mayoclinic, mengonsumsi obat-obatan seperti prednison, kortikosteroid inhalasi, atau antibiotik dapat mengganggu mikroorganisme dalam tubuh. Efeknya dapat meningkatkan risiko kandidiasis mulut.

Penyebab lain sariawan di lidah yang lain adalah lidah tergigit, alergi makanan, kurang vitamin dan mineral, menyikat gigi terlalu keras, baru selesai pasang behel, dan perubahan hormon.

Baca Juga: Ini Dia Panduan Singkat Cara Hilangkan Luka Sariawan di Bibir