Find Us On Social Media :

Muncul Sariawan di Lidah, Ini Obat Alami dan Obat Apotek yang Bisa Mengatasinya

Cara alami dan dengan obat medis untuk mengobati sariawan di lidah.

GridHEALTH.id - Sariawan merupakan penyakit yang sangat mengganggu. Sebab sariawan, nafsu makan kita akan menurun akibat rasa sakit dan perih di mulut kitaKetua Departemen Ilmu Penyakit Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, Dr. drg. Febrina Rahmayanti, SpPM(K), memaparkan berbagai hal yang menyebabkan munculnya sariawan diantaranya faktor genetik dan faktor alergi diantaranya alergi makanan.Menurut Febrina ada peran faktor defisiensi nutrisi seperti asam folat, vitamin B12, dan zat besi pada kasus sariawan. “Lalu bisa juga faktor stres dan faktor hormonal terutama untuk perempuan,” ujarnya seperti dikutip dari Makara Internet TV (MITV) Universitas IndonesiaJadi penyebab sariawan diketahu sangat bervariasi, bisa karena stres, kencing manis, kebiasaan merokok, HIV, kanker, efek obat-obatan, efek kemoterapi, dan luka akibat tidak sengaja tergigit. Sariawan juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur.

Lokasi terjadinya sariawan yang paling umum, di lidah, rongga mulut, tenggorokan, gusi, dan amandel.Nah, untuk sariawan yang disebabkan bukan oleh jamur bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Sebaliknya sariawan yang disebabkan oleh jamur maka diperlukan obat antijamur untuk mengahambat pertumbuhan jamur.Cara Mencegah SariawanUntuk bisa mencegah sariawan, melansir FKG UI (25/01/2021), bisa dengan banyak cara. Salah satunya menghindari mengonsonsumi buah nanas, anggur, jeruk, dan lemon.

Tidak berbicara saat sedang makan pun salah satu cara mencegah sariawan. Sebab, bicara sambi makan berisiko lidah atau bibir tergigit dan efeknya bisa menjadi sariawan.

Menyikat gigi pun bisa menjadi penyebab sariawan. Karenanya gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate sehingga tidak memicu sariawan bagi yang sensitif.

Baca Juga: Selain Flu, Ternyata Ada 12 Gejala Awal HIV/AIDS yang Harus Kita Ketahui!

2 Metode Pengobatan Sariawan di Lidah

Untuk mengobati sariawan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Bisa dengan mengubah pola hidup dan pengobatan medis.

* Mengubah pola hidup

- Sikat gigi 2 kali sehari

Untuk membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan- Sebaiknya tidak berkumur dengan obat kumur atau spray Untuk mencegah tumbuhnya flora normal di mulut, kecuali dapat rekomendasi dokter untuk mengatasi kondisi tertentu.

- Minum air putih yang banyak