Find Us On Social Media :

Kutil Kelamin Pria Tak Boleh Disepelekan, Apa Saja Gejalanya?

Kutil kelamin pria ditularkan saat melakukan hubungan seks.

GridHEALTH.id – Kesehatan organ intim teramat penting untuk diperhatikan, karena berkaitan dengan kualitas hidup secara keseluruhan.

Adanya hal tidak biasa, seperti kutil kelamin, tentunya harus mendapat perhatian lebih dan tidak boleh disepelekan.

Kutil kelamin merupakan kondisi yang disebabkan oleh Human papillomavirus atau HPV. Tak hanya wanita, virus tersebut juga bisa menyerang pria.

Seorang pria dapat tertular virus HPV melalui hubungan seksual dengan pasangan yang mengidap penyakit serupa, tapi tidak mengetahuinya.

Melansir emedicinehealth, kutil kelamin pria biasanya kan ditemukan di uretra, penis, skrotum, dan daerah sekitar dubur.

Perlu diketahui, kalau HPV terdiri dari berbagai jenis. Kutil kelamin disebabkan oleh dua di antara ratusan jenis HPV, yakni HPV-6 dan HPV-11.

Pada wanita, infeksi HPV dan kemunculan kutil kelamin berisiko menyebabkan terjadinya kanker serviks. Bagaimana dengan pria?

Dilansir dari CDC, HPV sendiri sebenarnya bukan kanker, tapi itu dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada tubuh yang berujung pada kanker.

Pada pria, infeksi HPV yang ditandai dengan kutil kelamin, jika dibiarkan atau tidak hilang meski sudah diobati, dapat menyebabkan kanker penis atau anal.

Gejala kutil kelamin pria

Setelah mengetahui risikonya, penting juga untuk mengenali gejala kutil kelamin pada pria agar bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Muncul Kutil di Ketiak Berbahaya? Jangan Disepelekan! 10 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkannya