Find Us On Social Media :

2 Titik Pijatan Akupresur Untuk Mengatasi Sakit Perut dan Melilit

Mengatasi sakit perut dapat diatasi dengan pijat akupresur.

GridHEALTH.id - Akupresur adalah jenis pijat yang menggunakan manipulasi lembut dan tekanan jari dan telapak tangan untuk membawa kesehatan dan vitalitas dalam hidup kita.

Tekanan akan diterapkan ke berbagai titik pada tubuh yang dihubungkan oleh jalur energi yang dikenal sebagai meridian akupunktur.

Terapis dapat menggunakan berbagai ritme dan teknik untuk merangsang, membuka blokir, dan menyeimbangkan aliran energi vital untuk menghilangkan rasa sakit dan mengobati berbagai kondisi kronis.

Manfaat akupresur yang merupakan pijat akupresur adalah pengalaman relaksasi dan dapat digunakan untuk mengatur fungsi tubuh, seperti metabolisme, pencernaan, dan tidur.

Pijat akupresur juga berfungsi  merangsang sistem peredaran darah, limfatik, dan hormonal tubuh. Ini juga mendukung fungsi sistem kekebalan dan kemampuan alami tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

Uji klinis pada pasien perawatan jangka panjang di tiga rumah sakit di Mazandaran, Iran menunjukkan bahwa melakukan akupresur pada dua titik tertentu dapat mengatasi sakit perut dan melilit.

Kedua titik tersebut adalah Perikardium 6 (PC6) dan Limpa 4 (SP4). Kedua titik ini sering digunakan bersamaan sebagai kombinasi titik khusus untuk sakit perut.

Kita dapat menggunakan ini untuk ketidaknyamanan pencernaan ringan seperti merasa kembung atau mual, melilit, sebah atau cegukan. Kita juga dapat menekan dan memijat titik-titik ini untuk muntah, diare, dan rasa sakit yang terletak di perut di bawah tulang rusuk.Kita juga bisa menggunakan poin ini untuk morning sickness.Perikardium 6 terletak di bagian dalam pergelangan tangan, selebar dua jari dari lipatan pergelangan tangan, di tengah, di antara dua tendon.

Banyak orang mungkin akrab dengan poin ini jika mereka telah melakukan pelayaran dan mengenakan pita di bagian ini untuk dipijat saat terasa mabuk laut.P6 juga merupakan titik umum untuk kecemasan dan insomnia, palpitasi dan nyeri dada. (Jika mengalami nyeri dada, harus pergi ke UGD.)

Baca Juga: Boleh Dicoba, 7 Titik Pijat Akupresur Untuk Menekan Nafsu Makan

Baca Juga: Ini Dia Panduan Singkat Cara Hilangkan Luka Sariawan di Bibir

Limpa 4 terletak di bagian dalam kaki di atas punggung kaki. Cara termudah untuk menemukannya adalah dengan menemukan Limpa 3, di bagian dalam kaki  di atas buku jari jempol kaki.

Ikuti tulang (metatarsal) sampai kita mencapai kepala lain dari tulang yang sama, maka kita berada di Limpa 4.Kedua poin ini baik untuk ditekankan saat kita merasa khawatir, cemas, atau gelisah, yaitu emosi yang bisa langsung masuk ke perut kita. (*)