Find Us On Social Media :

Boleh Dicoba, 7 Titik Pijat Akupresur Untuk Menekan Nafsu Makan

Area di kuping, salah satu titik pijat akupresur menekan nafsu makan.

GridHEALTH.idAkupresur adalah pengobatan alternatif yang berasal dari akupunktur, teknik penyembuhan Tiongkok kuno yang melibatkan tekanan jari pada titik-titik tertentu pada tubuh. 

Selama akupresur, jarum tidak digunakan meski titik-titik di tubuh yang menjadi panduan sama dengan yang digunakan pada akupunktur.

Karena tekanan diterapkan pada titik-titik dengan menggunakan tangan, siku atau instrumen lainnya.

Meskipun belum ada penelitian konklusif yang membuktikan efektivitas penggunaan akupresur untuk mengontrol nafsu makan atau menurunkan berat badan, tujuh titik pijat akupresus ini bisa dicoba.

1. Titik kontrol nafsu makan

Letakkan jari kedua dan ketiga di sisi rahang, di depan telinga, dan buka dan tutup mulut. Rasakan tulang rahang bergerak di bawah jari-jari  kita.

Dengan jari-jari,  temukan tempat di mana kita merasakan gerakan paling banyak, umumnya ditemukan di sebelah potongan kecil daging yang menonjol dari bagian dalam telinga, dan di atas daun telinga.

Ini adalah titik kontrol nafsu makan. Pegang bagian telinga ini di antara ibu jari dan jari telunjuk  dan lakukan selama tiga menit.

2. Cuping

Titik kontrol nafsu makan lainnya terletak tepat di bawah daun telinga,  di mana kulit telinga terhubung ke rahang. Memijat titik ini selama beberapa menit sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan dan rasa lapar.

3. Lutut

Duduk dengan satu lutut disilangkan di atas yang lain. Letakkan empat jari tangan kanan di kaki bagian atas, tepat di bawah tempurung lutut.