Find Us On Social Media :

Sering Merasa Nyeri Saat Buang Air Kecil? Gejala dari 4 Penyakit Ini

Nyeri dan sensasi terbakar saat buang air kecil merupakan salah satu tanda penyakit infeksi.

GridHEALTH.id – Orang intim yang terasa nyeri buang air kecil, tidak boleh disepelekan karena bisa jadi tanda masalah kesehatan.

Buang air kecil merupakan cara alamiah tubuh untuk membuang racun-racun dan cairan berlebih di darah yang telah disaring oleh ginjal.

Dalam kondisi yang normal, buang air besar tidak akan terasa menyakitkan sama sekali. Namun, jika terasa sakit atau bahkan merasakan sensasi terbakar, maka harus diwaspadai.

Dilansir dari Mount Sinai, sakit saat buang air kecil mungkin akan dirasakan ketika urin keluar dari tubuh atau dirasakan di dalam tubuh, tepat di belakang tulang panggul.

Penyebab nyeri saat buang air kecil

Rasa nyeri yang muncul saat buang air kecil, kebanyakan disebabkan oleh penyakit infeksi atau peradangan.

Berikut ini kondisi yang perlu diwaspadai jika mengalami nyeri saat buang air kecil:

1. Infeksi saluran kemih (ISK)

Nyeri saat buang air kecil paling sering terjadi akibat infeksi saluran kemih (ISK). Penyakit ini bisa dialami oleh siapapun, tapi wanita yang paling berisiko.

Infeksi ini terjadi saat bakteri masuk ke uretra dan kandung kemih. Selain rasa nyeri, seseorang yang mengalami ISK juga biasanya jadi lebih sering buang air kecil.

Gejal lain dari kondisi ini yakni urin yang berbusa menyerupai awan dan beraroma menyengat. Pengobatan utamanya adalah minum antibiotik.

Baca Juga: 5 Bahaya Terlalu Sering Menahan Buang Air Kecil, Selain Terkena ISK