Find Us On Social Media :

Cara Mengatasi Mulut Kering dengan Bahan Alami, hingga Pencegahan

mengatasi mulut kering dengan bahan alami dan pencegahannya.

GridHEALTH.id - Mulut kering atau xerostomia adalah kondisi ketika kelenjar ludah di mulut tidak menghasilkan cukup air liur untuk menjaga mulut tetap basah.

Permasalahan ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan, khususnya pada kesehatan gigi dan mulut, serta berkurangnya nafsu makan.Ketika mengalami mulut kering, otomatis jumlah air liur yang ada dalam mulut berkurang.

Padahal, air liur membantu mencegah kerusakan gigi dengan menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri, membatasi pertumbuhan bakteri, dan membersihkan partikel makanan.

Air liur juga memudahkan saat mengunyah dan menelan makanan. Selain itu, enzim dalam air liur ikut membantu proses pencernaan.

Penyebab Mulut KeringMenurut Mayoclinic, ada beberapa penyebab seseorang mengalami mulut kering yakni:

* Pengobatan

Konsumsi obat-obatan dianggap menimbulkan efek samping. Salah satunya adalah mulut kering.

Di antara jenis yang lebih mungkin menyebabkan masalah adalah beberapa obat yang digunakan untuk mengatasi depresi, tekanan darah tinggi dan kecemasan serta beberapa antihistamin, dekongestan, pelemas otot, dan obat nyeri.

* Penuaan

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah Penyebabnya Bisa Asam Lambung Naik juga Infeksi Covid-19

Salah satu dampak yang muncul ketika orang sudah mulai menua adalah mulut yang sering terasa kering.

Ada beberapa faktor yang berkontribusi di dalamnya, seperti penggunaan obat-obatan tertentu, perubahan kemampuan tubuh untuk memproses pengobatan, nutrisi yang tidak memadai, dan masalah kesehatan jangka panjang.