Find Us On Social Media :

Penyebab Tumbuh Kutil Leher dan 5 Bahan Alami untuk Menghilangkannya

Penggunaan bawang putih sebagai obat alami menghilangkan kutil di leher.

GridHEALTH.id - Kutil sebenarnya adalah pertumbuhan yang tidak berbahaya pada kulit. Mereka disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV).Kutil menular tetapi bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun terkadang memakan waktu berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bertahun-tahun. Kutil bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, termasuk di leher.Perawatan konvensional termasuk pengelupasan kimia, operasi, pembekuan, dan operasi laser, tetapi perawatan ini bisa mahal dan menyebabkan iritasi kulit.Obat alami untuk menghilangkan kutil termasuk menggunakan makanan, tanaman, atau produk lain yang memiliki sifat antivirus atau asam atau enzim yang menghambat virus HPV.Obat antivirus alami dapat membantu menekan virus penyebab kutil, sementara asam alami dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang terinfeksi.

Selain pengobatan dari dokter, kita bisa mencoba 5 bahan alami untuk menghilangkan kutil di leher;

1. Cuka sari apelCuka sari apel adalah zat asam yang terbuat dari jus apel yang difermentasi. Ini dianggap bekerja seperti asam salisilat, pengobatan kutil umum yang mengelupas kulit yang terinfeksi, akhirnya menghilangkan kutil.Cuka juga memiliki sifat antimikroba alami yang dapat membantu melawan HPV, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.Untuk mencobanya, campurkan 2 bagian cuka sari apel dan 1 bagian air. Rendam bola kapas dengan campuran ini. Letakkan di kutil, dan tutupi dengan perban. Biarkan selama tiga sampai empat jam.Selalu encerkan cuka sari apel dengan air. Keasaman dapat menyebabkan iritasi dan luka bakar kimia. Juga, jangan mengoleskannya pada luka terbuka.

2. Kulit pisang

Baca Juga: Waspada, Penyebab Umum Kutil Kelamin Karena Virus HPV, Apa Itu?

Baca Juga: Pahami Diet DASH, Saah Satu Cara Gaya Hidup Penyandang Hipertensi

Kulit pisang dipercaya dapat membantu menghilangkan kutil. Namun, sebenarnya tidak ada penelitian yang menghubungkan kulit pisang dengan pengobatan kutil atau infeksi kulit akibat virus, juga tidak ada bukti ilmiah bahwa kulit pisang melawan HPV.

Tetapi jika ingin mencobanya, potong sepotong kulit pisang dan rekatkan di atas kutil sebelum tidur, sehingga bagian dalam kulitnya menyentuh kulit. Biarkan saat kita tidur dan ulangi setiap hari.

3. Bawang putihBawang putih memiliki sejarah panjang digunakan untuk menyembuhkan kondisi kulit seperti psoriasis, bekas luka keloid, dan jerawat.

Ini juga digunakan untuk infeksi bakteri, jamur, dan virus seperti kutil. Dalam studi tahun 2014  ekstrak bawang putih menghilangkan kutil dalam waktu empat minggu. Kutil tidak kembali.Allicin, komponen kunci bawang putih, memiliki efek antimikroba dan sering dipelajari karena sifat antivirus dan imunomodulasinya.Untuk mengobati kutil dengan bawang putih, haluskan 1 siung dan campur dengan air. Oleskan ke kutil dan tutup dengan perban.

Ulangi setiap hari selama tiga sampai empat minggu. Kita juga bisa mengoleskan jus bawang putih atau mengoleskan cengkeh pada kutil.

4. Kulit jerukObat kutil populer lainnya adalah kulit jeruk. Ini adalah pilihan yang murah, tetapi tidak ada data ilmiah untuk mendukungnya.Obat ini melibatkan menggosok kulit jeruk pada kutil sekali sehari. Seharusnya, kutil akan berubah warna, menggelap, lalu rontok. Ini mungkin memakan waktu dua minggu atau lebih.