Find Us On Social Media :

Mengenal Pangan Fungsional dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Pangan fungsional menyehatkan dan menjauhkan penyakit dari tubuh.

GridHEALTH.idMakanan yang dikonsusmi sehari-hari, harusnya tidak hanya mengenyangkan, tapi juga dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Belakangan ini, pangan fungsional semakin dikenal oleh masyarakat secara luas, karena memberikan manfaat yang lebih bagi orang yang mengonsumsinya.

Menurut Badan POM, yang dimaksud dengan pangan fungsional adalah olahan makanan yang mengandung satu atau lebih komponen pangan dan tidak berbahaya, serta memiliki manfaat bagi kesehatan.

Dosen dan Profesor bidang Food Process and Engineering Laboratory di Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Purwiyatno Hariyadi, juga mengatakan hal yang tak jauh berbeda.

Ia menyebutkan, bahwa yang dimaksud dengan pangan fungsional, tentunya harus berbentuk makanan dan belum diolah menjadi hal lain seperti kapsul atau obat.

“Definisi pangan fungsional itu adalah pangan yang mempunyai khasiat atau fungsional ekstra, di luar fungsi tradisionalnya sebagai sumber zat gizi,” kata profesor Purwiyatno, dalam acara Program Indofood Riset Nugraha (IRN), Rabu (31/8/2022).

“Kalau kita bisa mengidentifikasikan itu, khasiat ekstranya itu, berpotensi menjadi pangan fungsional. Kita tinggal kembangkan,” sambungnya.

Contoh pangan fungsional

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan salah satu contoh dari pangan fungsional yang selama ini sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Tempe sebagaimana yang selama ini sudah diketahui, merupakan salah satu sumber protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, saat tempe mempunyai sifat lain, maka makanan yang dari olahan kacang kedelai ini, bisa menjadi pangan fungsional.

Baca Juga: Keistimewaan Tiwul, Makanan Masyarakat Tanah Jawa di Masa Penjajahan