Find Us On Social Media :

Begini Cara Menurunkan Hipertensi di Usia Muda Agar Tak Berkembang Jadi Penyakit Serius

Olahraga rutin, salah satu cara menurunkan darah tinggi di usia muda.

GridHEALTH.id - Hipertensi atau tekanan darah tinggi semakin banyak menyerang kaum muda. Hipertensi ini sering dikaitkan dengan dua faktor gaya hidup utama kelebihan berat badan dan peningkatan umur.Beberapa peneliti telah menunjukkan bahwa jumlah orang yang mengembangkannya pada akhirnya bisa mencapai 90%.”Orang-orang yang aktif, seperti kaum muda dan atlet, dianggap bebas dari penyakit seperti hipertensi,” kata sebuah penelitian dalam jurnal Postgraduate Medicine.“Namun, peningkatan prevalensi faktor risiko tradisional pada orang muda, termasuk obesitas, diabetes mellitus, dan penyakit ginjal, meningkatkan risiko terkena hipertensi pada orang dewasa yang lebih muda.”

Hipertensi yang tidak diobati pada orang muda dapat menyebabkan pengerasan arteri, yang dapat meningkatkan risiko stroke, serta kerusakan ginjal dan otak.

Masalahnya, tekanan darah tinggi dijuluki "pembunuh diam-diam"/ silent killer karena pada orang yang tidak menyadarinya.

Keheningannya sering menyebabkan kondisi kesehatan pada remaja dan dewasa muda, dan diabaikan oleh dokter. Namun, membiarkan penyakit ini tidak diobati dapat memiliki konsekuensi nyata.“Peningkatan prevalensi faktor risiko tradisional pada orang muda, termasuk obesitas, diabetes mellitus, dan penyakit ginjal, meningkatkan risiko terkena hipertensi pada orang dewasa yang lebih muda,” tambah penulis penelitian.Penelitian baru dari University of Texas Southwestern Medical Center menegaskan posisi itu.Dr Wanpen Vongpatanasin, dan rekan penulisnya, baru-baru ini melakukan penelitian terbesar yang melihat kondisi yang dikenal sebagai hipertensi sistolik terisolasi (ISH) pada orang dewasa muda.Mereka menyimpulkan bahwa orang muda dengan kondisi ini berisiko mengalami pengerasan arteri di masa depan, yang terkait dengan peningkatan risiko stroke, serta kerusakan pada ginjal dan otak.Tekanan darah tinggi pada dewasa muda, khususnya ISH, sering dianggap sebagai anomali yang akan mengoreksi diri.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat Jadi Teman Penyandang Hipertensi, Apa Saja?

Baca Juga: Penyebab Tumbuh Kutil Leher dan 5 Bahan Alami untuk Menghilangkannya

Itu bahkan dianggap sebagai tanda jantung yang kuat karena kadang-kadang ditemukan pada atlet sekolah menengah.Pembacaan tekanan darah normal harus 120 (sistolik) / 80 (diastolik). Hipertensi adalah setiap pembacaan 140/90 atau lebih tinggi.Dalam kasus ISH, hanya angka atas (sistolik) yang tinggi, sedangkan angka yang lebih rendah dalam kisaran normal.“Orang muda dengan tekanan darah tinggi,  bahkan mereka yang hanya memiliki angka sistolik tinggi, tetapi angka diastolik normal, mungkin memiliki aorta kaku yang tidak normal, yang tidak boleh diabaikan,” kata Vongpatanasin kepada Healthline.

“Mereka harus memiliki tindak lanjut yang ketat dan berbicara dengan dokter perawatan primer mereka untuk melihat apakah kondisi mereka perlu dirawat.”Dia mendesak bahwa alih-alih mengabaikan tanda-tanda ini, mereka harus diobati lebih cepat.

Hipertensi sangat dapat diobati melalui kombinasi pengobatan dan perubahan gaya hidup. Mengubah pola makan dan kebiasaan olahraga adalah dua cara paling efektif untuk menurunkan tekanan darah.The American Heart Association merekomendasikan setidaknya 30 menit aktivitas aerobik intensitas sedang setidaknya lima hari per minggu.Sejauh menyangkut diet, Vongpatanasin merekomendasikan makanan yang kaya akan sayuran dan buah-buahan.Meminimalkan asupan garam juga penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Dalam sebuah artikel untuk Guardian, Profesor Graham MacGregor, ketua Asosiasi Tekanan Darah, dan profesor kedokteran kardiovaskular di Barts dan London School of Medicine, menulis:"Kami memiliki tujuh atau delapan jenis bukti berbeda yang semuanya menunjuk pada peran garam, dan saya tahu bahwa jika saya mengurangi asupan garam hingga setengahnya, itu akan mengurangi tekanan darah."Para ahli mengatakan membiarkan kondisi yang tidak diobati pada orang dewasa muda tidak bisa lagi ditawar-tawar.

Baca Juga: Waspada, Penyebab Umum Kutil Kelamin Karena Virus HPV, Apa Itu?

Baca Juga: Kenali Penyebab Suara Serak dan Cara Mengatasinya, Apakah Gejala Penyakit Serius?

“Kondisi ini tidak akan membaik. Ini akan menjadi lebih buruk, ”kata Vongpatanasin. (*)