Find Us On Social Media :

Sama-sama Penyakit Infeksi Kulit, Jerawat dan Bisul Tetap Punya Ciri Khas Berbeda

Jerawat (kiri) dan bisul (kanan) memiliki ciri khas yang berbeda, meski keduanya sama-sama penyakit infeksi bakteri, kenalilah.

GridHEALTH.id - Penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi pada kulit memang beragam, diantaranya adalah jerawat dan bisul.

Meski keduanya adalah penyakit yang berasal dari adanya infeksi kulit, jerawat dan bisul tetap memiliki ciri khas yang berbeda.

Inilah ciri khas dari jerawat dan bisul yang menjadikan perbedaan diantara keduanya.

Salah satu persamaan yang pasti dari jerawat dan bisul adalah keduanya berasal dari infeksi akibat bakteri.

Uniknya, jenis bakteri yang menyebabkan jerawat dan bisul pun berbeda jenisnya, inilah yang menyebabkan efek dan ciri yang juga berbeda.

Persamaan lainnya adalah jerawat dan bisul sama-sama tumbuh pada folikel rambut.

Jerawat

Kemunculan jerawat diawali dengan adanya penyumbatan pada bagian pori-pori, tetapi jerawat juga bisa berubah menjadi infeksi parah, yang kemudian lebih dikenal dengan bisul.

Produksi minyak berlebih dan penumpukan sel kulit mati juga bakteri bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

Jenis bakteri yang masuk ke dalam kulit dari jerawat adalah propionibacterium acnes dan menyebabkan kulit kemerahan, nyeri, hingga menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Umumnya muncul di daerah muka, tapi ada juga yang muncul di punggung atau leher dengan bentuk yang berbeda-beda, mulai dari komedo, whiteheads, dan papula yang terkadang juga berisi nanah, mirip seperti bisul.

Baca Juga: Jangan Salah Lagi, Ini Lokasi Nyeri yang Membedakan Infeksi Ginjal dengan Sakit Punggung