Find Us On Social Media :

Minuman Sehat Penyandang Hipertensi, Turunkan Tekanan Darah Mudah Dibuat di Rumah!

Minum teh kembang sepatu dapat menurunkan hipertensi.

GridHEALTH.id - Penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran segar ditambah protein tanpa lemak dapat membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi.

Itulah mengapa banyak orang beralih ke diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) nabati, rencana makan yang telah terbukti dalam uji klinis untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL.

Bukan hanya makanan, apa yang kita minum juga penting diperhatikan. Berikut adalah tiga minuman menyegarkan yang didukung oleh sains untuk membantu menurunkan tekanan darah.

1. Susu rendah lemak

Susu tinggi fosfor, kalium dan kalsium, tiga nutrisi yang terkait dengan tekanan darah yang seha, dan itu diperkaya dengan vitamin D, vitamin yang meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Menurut sebuah penelitian di British Journal of Nutrition, mengganti produk susu penuh lemak dengan versi rendah lemak juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Teh hibiscus atau kembang sepatuMinum teh kembang sepatu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah, terutama ketika sedikit meningkat, menurut sebuah penelitian di Journal of Nutrition.

Para peneliti mengatakan teh kembang sepatu memiliki antosianin dan antioksidan lain yang dapat membantu pembuluh darah melawan kerusakan yang dapat menyebabkannya menyempit.

Banyak campuran teh herbal mengandung kembang sepatu, yang menghasilkan warna merah cerah dan memberikan rasa asam.

Pada ahli gizi merekomendasikan tiga cangkir sehari. Untuk mendapatkan manfaat penuh, rendam teh kembang sepatu selama enam menit sebelum menyesapnya panas atau dingin.

3. Jus delima

Baca Juga: 5 Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat