Find Us On Social Media :

5 Tanaman Herbal Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

Eugenol dalam daun kemangi membantu mengontrol hipertensi dengan merelaksasi pembuluh darah. Dikunyah atau dibuat teh.

GridHEALTH.id - Seiring bertambahnya usia, masalah kesehatan bertambah banyak. Dari kesehatan lutut yang memburuk hingga jantung yang tidak terlalu kuat, masalah kesehatan datang dan menetap.

Berbicara tentang kesehatan jantung, kita tidak bisa menganggapnya enteng. Masalah jantung seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi sangat umum, dan jika kita tidak mengambil langkah-langkah untuk mengendalikannya, itu dapat membahayakan hidup kita.

Tekanan darah tinggi mempengaruhi populasi besar di atas usia 40 di seluruh dunia. Tanda dan gejala penyakit ini sering tidak terdiagnosis, yang meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Untungnya, perubahan pola makan dan gaya hidup dapat membantu mengelola tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain kontrol rutin ke dokter, kita juga mendapat obat dari dokter untuk mengendalikan tekanan darah. Obat ini sepatutnya diminum rutin sesuai arahan dokter.

Tetapi kita juga dapat memadukannya dengan cara alami, yaitu dengan pengobatan rumahan pemberian lima herbal yang dapat kita tambahkan ke dalam diet kita. Yaitu;

1. Basil/kemangi

Kemangi sangat efektif dalam mengobati kondisi medis seperti tekanan darah, pilek, flu, radang sendi, dan lain-lain.

Kandungan eugenol dalam daun kemangi membantu mengontrol tekanan darah tinggi dengan merelaksasi pembuluh darah. Minum teh kemangi atau mengunyah kemangi mentah dianjurkan untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Amla

Amla adalah makanan super yang juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan memperlebar pembuluh darah.

Orang yang menderita penyakit jantung dianjurkan untuk mengonsumsi amla mentah saat perut kosong di pagi hari. Jus amla juga bisa menjadi alternatif pengganti amla mentah.