Find Us On Social Media :

Titik Pijat Akupresur Redakan Batuk - Pilek Pada Anak, Ibu Harus Tahu

Batuk dan pilek pada anak dapat diatasi dengan pijat akupresur.

GridHEALTH.id - Demam karena pilek atau flu sangat umum terjadi pada anak-anak. Ini terjadi sepanjang tahun, tetapi kebanyakan di musim hujan dan pancaroba karena perubahan cuaca yang tiba-tiba.

Gejala flu bisa termasuk demam, hidung tersumbat, pilek, batuk. Dalam pengobatan medis biasanya dokter akan memberikan antivirus atau antibiotik untuk pengobatan anak.

Perawatan semacam ini dapat dengan cepat menurunkan suhu tubuh, namun ibu bisa mencoba pengobatan alami untuk meredakan batuk pilek pada anak.Dalam pengobatan Tiongkok, dikenal pijat yang bernama akupresur. Yang menekan titik-titik akupunktur tertentu pada tubuh.

Pijat akupresur terbukti menurunkan demam karena pilek atau flu dengan hasil klinis. Ini dilakukan oleh Luo Ran, Huang Ke Qi, Wang Ting, Zhang Hong dari rumah sakit Pusat Wenzhou, provinsi Zhejiang di Cina, dan melakukannya pada 150 anak untuk uji klinis mereka.

Penelitian melibatkan anak-anak dari usia 4 bulan hingga 6 tahun yang memenuhi kriteria berikut:

- Gejala seperti demam, tidak suka pilek, hidung tersumbat, pilek, batuk, disertai muntah, diare atau kejang karena suhu tubuh yang tinggi

- Sel darah putih normal atau berkurang, neutrofil berkurang, limfosit meningkat

Anak-anak dengan gejala berikut dieliminasi dari uji klinis:

- Tonsilitis purulen, bronkitis, Pneumonia

- Malnutrisi parah

-Pembuluh darah jantung yang parah, hati, ginjal, penyakit sistem hematopoietik atau kondisi psikologis yang parah

Baca Juga: Hidung Tersumbat Akibat Sinus Vs Pilek, Ini Cara Membedakannya