Find Us On Social Media :

Hidung Tersumbat Akibat Sinus Vs Pilek, Ini Cara Membedakannya

Hidung tersumbat akibat sinus dan pilek berbeda.

GridHEALTH.id - Hidung tersumbat bisa disebabkan karena flu atau sinusitis. Kondisi kedua hal ini berbeda.

Contohnya, pilek membutuhkan waktu sendiri untuk sembuh, tetapi kita dapat mengurangi gejalanya dengan sedikit ekstra hati-hati.

Istilah medis untuk flu biasa adalah Rhinitis dan untuk infeksi sinus, itu adalah Sinusitis. Keduanya mengambil jalannya sendiri untuk meninggalkan tubuh begitu tubuh itu sudah masuk.

Mengenai flu, para peneliti telah mengungkapkan bahwa ada lebih dari 100 virus yang ada di bumi yang dapat menyebabkan flu biasa pada manusia. Pilek sebenarnya adalah infeksi virus yang parah pada sistem pernapasan tubuh manusia.

Proses transmisi kedua kondisi tersebut sangat berbeda. Pilek sangat menular dan dapat dengan mudah menyebar dari orang ke orang.

Ketika seseorang yang terkena flu atau membawa virus, batuk atau bersin, tetesan kecil (yang terinfeksi) bercampur di udara. Droplet kecil ini bisa masuk ke tubuh orang yang fit dan bisa menularkan/menyebarkan virus.

Namun, sinusitis dapat menginfeksi seseorang dengan sangat berbeda. Untuk memahami prosesnya, ada kantung berisi udara di belakang hidung dikenal sebagai sinus.

Pilek dapat menyebabkan infeksi sinus ketika kelenjar sinus ini membengkak. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk ketika udara, lendir, atau bakteri terperangkap di dalamnya.

Salah satu perbedaan paling signifikan antara sinus dan pilek adalah gejala dari kedua kondisi tersebut sangat berbeda satu sama lain. Juga, durasi gejala untuk keduanya bervariasi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat menyebabkan Hidung Tersumbat, Harap Dihindari

Baca Juga: Demam Pada Lansia Bisa Berarti Sepsis, Perlu Tindakan Medis Segera

Seseorang yang menderita pilek dapat merasa lebih baik dalam waktu 5-7 hari, tetapi sinusitis dapat bertahan di dalam tubuh selama 4 minggu atau berbulan-bulan.