Find Us On Social Media :

Ada Benjolan di Selangkangan, Tanda Penyakit Apa? Ini 5 Kondisi yang Tak Boleh Disepelekan

Benjolan di selangkangan bisa jadi tanda penyakit infeksi menular seksual.

GridHEALTH.id – Benjolan di selangkangan bisa jadi tanda dari masalah kesehatan, sehingga tidak boleh diremehkan jika melihatnya.

Selangkangan merujuk pada bagian lipatan bagian bawah perut yang bertemu dengan sisi paha bagian dalam.

Di bagian tubuh tersebut, terdapat banyak otot, ligament, pembuluh darah, hingga saraf sehingga bila ada benjolan akan terasa sangat tidak nyaman.

Penyebab benjolan di selangkangan

Adanya benjolan di selangkangan disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kondisi yang ringan hingga serius. Di antaranya adalah berikut ini.

1. Kista

Dilansir dari Medical News Today, benjolan yang terasa di selangkangan bisa jadi merupakan kista. Benjolan kista bukan kanker dan biasanya tidak berbahaya.

Namun, jika dengan sengaja memecahkan kista, maka risiko infeksi akan mengintai. Apabila pecah, isi kista akan menginfeksi jaringan di sekitarnya.

2. Pembengkakan kelenjar getah bening

Benjolan di area selangkangan juga bisa disebabkan karena pembengkakan kelenajr getah bening, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan.

Kelenjar getah bening memiliki peran untuk menghilangkan virus, bakteri, dan racun dari cairan limfatik. Cairan ini membantu menyehatkan sel-sel tubuh dan membuang limbah.

Baca Juga: Lecet pada Selangkangan Pria Akibat Jamur (Jock Itch) Tidak Parah tapi Bisa Menyebar, Begini Caranya