Find Us On Social Media :

Lancarkan Peredaran Darah, Ini Manfaat Lakukan Pijat di Kaki

Terapi pijat kaki banyak manfaatnya bagi kesehatan, di antaranya melancarkan peredaran darah.

GridHEALTH.id - Setelah kita lelah  berjalan dan berdiri sepanjang hari, kita pasti tahu bagaimana rasanya rileks yang muncul setelah kaki di pijat.

Banyak penelitian bahkan telah menyebutkan, pijat kaki secara teratur dapat membantu meredakan stres dan mengurangi rasa sakit pada kaki dan tungkai bawah, tetapi manfaat dari pijat kaki secara teratur jauh melampaui relaksasi sederhana dan menghilangkan rasa sakit. Pijat di kaki secara rutin bahkan dapat membantu kita hidup lebih lama.

Bahkan Harvard Medical School mencatat bahwa pijat kaki dapat meningkatkan peredaran darah, meningkatkan sirkulasi, merangsang otot, mengurangi ketegangan, dan sering kali meredakan rasa sakit.

Dikutip dari laman Happy Feet Plus, berikut adalah empat manfaat bila kita rutin melakukan pijat kaki;

1. Melancarkan peredaran darah

Pernah memperhatikan bahwa ketika kita menggosok salah satu bagian tubuh, lalu berubah menjadi merah sementara? Memijat jaringan tubuh membantu merangsang aliran darah ke bagian tubuh tersebut.

Itulah sebabnya pijat kaki secara teratur dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit yang membatasi aliran darah ke ekstremitas, seperti diabetes atau tekanan darah tinggi.

Dalam kasus ini, peningkatan sirkulasi ke kaki terkadang dapat sangat meningkatkan umur anggota tubuh dan meningkatkan sensasi secara keseluruhan.

Bagi mereka yang kakinya sering kedinginan, pijat kaki adalah cara yang bagus untuk menghangatkan diri di hari yang dingin tanpa harus menggunakan kaus kaki berlembar-lembar.

2. Membuang racun dan stresTeknik refleksologi kuno memberi tahu kita bahwa berbagai daerah kaki terhubung secara rumit ke berbagai organ dan jaringan di seluruh tubuh.

Jadi, ketika kita memijat area tertentu di kaki, kita membantu membuang racun dan meningkatkan aliran darah yang sehat ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Titik Pijat Akupresur Redakan Batuk - Pilek Pada Anak, Ibu Harus Tahu