Find Us On Social Media :

Jalan Kaki 2 Menit Setelah Makan, Kurangi Gula Darah dan Risiko Penyakit Serius

Otot yang bergerak saat jalan membantu tubuh mengontrol kadar gula darah.

GridHEALTH.id – Berdiam diri setelah makan sering dilakukan sejumlah orang, terutama jika makanan yang dikonsumsi terlalu banyak.

Namun, sebaiknya kebiasaan tersebut mulai saat ini diubah dan cobalah untuk setidaknya jalan kaki selama dua menit setelah makan.

Kegiatan yang sederhana tersebut, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama jika sering dilakukan.

Berdasarkan studi yang diterbitkan di jurnal Sports Medicine, jalan kaki dua hingga lima menit setelah makan dapat menurunkan gula darah.

Sebenarnya, berdiri pun juga bisa memberikan efek tersebut. Tapi, efeknya lebih besar dirasakan apabila kaki dibawa untuk berjalan.

Penelitian ini dilakukan oleh Aidan Buffey dan timnya dari departemen pendidikan jasmani dan ilmu olahraga di Universitas Limerick, Irlandia.

“Berdiri secara intermiten sepanjang hari dan setelah makan mengurangi glukosa (gula darah) rata-rata sebesar 9,51% dibandingkan dengan duduk lama,” kata Aidan Buffey, dikutip dari CNN, Selasa (6/9/2022).

“Namun, berjalan dengan intensitas ringan sepanjang hari menunjukkan pengurangan glukosa yang lebih besar dengan rata-rata 17,01% dibandingkan dengan duduk lama,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan kalau penelitian ini membuktikan bahwa berdiri dan berjalan sebentar mempunyai dampak yang besar pada kadar glukosa.

Lisa Young, pakar diet dari New York yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan berjalan yang merupakan kegiatan sehat, bisa dimasukkan ke dalam kebiasaan harian.

“Orang-orang kewalahan karena mereka berpikir hidup sehat itu sangat rumit, (tetapi) setiap langkah kecil membantu: tidur teratur, mengelola stress, berjalan, makan lebih banyak sayuran, itu semua bagian dari rangkaian (hidup sehat),” jelas Young, dikutip dari TODAY, Selasa (6/9/2022).

Baca Juga: 6 Jenis Buah-buahan yang Berkhasiat Turunkan Hipertensi dan Gula Darah Tinggi, Konsumsi Sekarang Juga