Find Us On Social Media :

Ketahui Perbedaan Kutil Kelamin dan Herpes Genital yang Perlu Diwaspadai

Kutil kelamin dan herpes genital berbeda pada virus penyebabnya.

GridHEALTH.id - Kutil kelamin dan herpes genital sulit dibedakan karena keduanya muncul di area genital. Namun, kutil kelamin adalah benjolan kecil berwarna daging sedangkan luka herpes terlihat seperti lecet atau luka terbuka.Baik kutil kelamin dan herpes genital dapat ditularkan secara seksual melalui kontak kulit-ke-kulit. Jika kutil kelamin atau herpes meradang atau teriritasi, akan sangat sulit untuk membedakannya, kata Brooke Grant Jeffy, MD, seorang dokter kulit dengan Spectrum Dermatology di Phoenix, Amerika Serikat.Perbedaan utama antara kutil kelamin dan herpes adalah virus yang mendasarinya. Kutil kelamin adalah istilah umum untuk infeksi human papillomavirus (HPV), dan herpes adalah istilah umum untuk infeksi virus herpes simpleks (HSV).

Apa itu kutil kelamin? Kutil kelamin adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum, kata Michael Cackovic, MD, seorang dokter kedokteran janin ibu di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus, Amerika Serikat.Kutil disebabkan oleh infeksi dari human papillomavirus (HPV). Banyak jenis HPV dapat menyebar melalui kontak seksual. Jika kita memiliki HPV, kemungkinan penyebaran infeksi bahkan jika kita tidak memiliki kutil aktif, kata Jeffy.Berikut adalah beberapa gejala kutil kelamin:

- Benjolan berwarna daging yang mungkin atau mungkin tidak terlihat. Kutil biasanya muncul di area genital tetapi juga bisa di mulut atau tenggorokan dari seks oral dengan orang yang terinfeksi.

- Sakit ringan atau tidak sakit sama sekali

- Gatal di area genital

- Pendarahan kutil saat berhubungan seks

- Kutil mungkin terasa sakit jika bergesekan dengan kulit atau pakaian.Jika tidak diobati, wabah kutil kelamin dapat berlangsung berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kutil dengan Pasta Gigi, Apakah Aman Digunakan?

Baca Juga: Bye Bye Nyeri Haid! Lakukan Ini Pada 4 Titik Pijat Akupresur Untuk Redakan Sindrom Menstruasi

Terkadang mereka akan hilang dengan sendirinya, tetapi biasanya mereka membutuhkan perawatan, kata Cackovic. Perawatan untuk kutil kelamin termasuk resep obat topikal seperti imiquimod, membekukannya dengan nitrogen cair, atau eksisi, yaitu operasi pengangkatan.Meskipun perawatan topikal mungkin memakan waktu beberapa minggu untuk bekerja, mereka adalah yang paling mudah untuk diresepkan karena kita dapat menggunakannya di rumah setiap hari, kata Cackovic.

Cackovic menyarankan untuk menghindari kontak seksual saat menggunakan perawatan seperti imiquimod karena dapat melemahkan kondom dan diafragma vagina.Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker serviks, kanker vulva, kanker dubur, atau kanker penis, kata Cackovic.

Jikamemiliki kutil kelamin dan sebelumnya tidak menyadari bahwa kita memiliki infeksi HPV, tanyakan kepada dokter pemeriksaan kanker rutin lainnya yang mungkin kita perlukan.