Find Us On Social Media :

6 Obat Alami Atasi Asam Urat Tinggi dari Rebusan Daun, Tidak Selalu Dengan Obat Dokter

Asam urat yang menyakitkan dapat diatasi dengan obat alami ini, cobalah.

GridHEALTH.id - Asam urat merupakan suatu keadaan yang merujuk pada kondisi meningkatnya produksi asam urat.

Penyebabnya bisa karena metabolisme purin yang berlebih atau menurunnya eksresi asam urat, atau bahkan karena dua kondisi ini.

Hasilnya ada penumpukkan kadar asam urat yang menyebabkan peradangan pada sendi dan terasa begitu menyakitkan saat serangan terjadi.

Asam urat dikenal juga dengan nama hiperurisemia, penyakit yang sebenarnya bisa dikelola dengan baik untuk mengurangi kekambuhan serangan asam urat akibat kadar yang tinggi.

Obat asam urat ada berbagai jenis bentuknya, mulai dari obat dokter hingga obat alami sebagai pencegahan.

Berikut ini enam jenis daun-daunan yang bisa dimanfaatkan air rebusannya sebagai penurun asam urat tinggi:

1. Daun Kumis KucingDaun kumis kucing sangat mudah ditemui di seluruh wilayah Indonesia, sehingga penggunaannya sebagai obat alami pun akan semakin mudah.

Senyawa fenolat yang ada dalam daun kumis kucing dipercaya dapat mengobati asam urat, selain itu sifat anti-inflamasi dan antioksidan ada pada daun ini.

Untuk memanfaatkan daun kumis kucing sebagai obat alami asam urat, cukup gunakan sepuluh lembar daun yang direbus dan kemudian rebusannya diminum setiap hari secara rutin.

2. Daun Saga - Daun saga adalah salah satu daun-daunan yang mudah dijumpai di Indonesia dan populer untuk dijadikan obat alami, termasuk mengobati asam urat tinggi dengan kandungan vitamin B6, flavonoid, dan tanin yang dimilikinya.

Kandungan lain dari daun saga adalah protein, vitamin A, B1, dan C, saponin, alkaloid, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, dan pentosan.

Baca Juga: 2 Cara Mudah Konsumsi Sereh Untuk Turunkan Kadar Asam Urat, Penyintas Wajib Tahu!