Find Us On Social Media :

Kenali Titik Pijat Refleksi Kaki dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Terapi pijat refleksi kaki banyak manfaatnya bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Mungkin banyak dari kita yang belum menyadari, bahwa kaki kita adalah salah satu bagian tubuh kita yang paling pekerja keras, tetapi sedikit  menerima perawatan dan perhatian yang cukup.

Ketika masalah kaki muncul, biasanya melibatkan tumit, pergelangan kaki, pinggul, lutut, dan merambah hingga sakit punggung.

Perawatan kaki sebenarnya mudah. Selain membersihkan, kita juga bisa merawatnya dengan melakukan pijat refleksi.

Pijat ini memberikan tekanan pada titik-titik refleks tertentu pada kaki dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik.

Inilah manfaat yang akan kita dapat dengan rutin melakukan pijat refleksi;

1. Menurunkan tekanan darah

Memijat kaki secara teratur dapat membantu mengontrol hipertensi atau tekanan darah tinggi. Juga ditemukan bahwa pijat refleksi kaki dapat membantu mengurangi trigliserida dan tekanan darah sistolik.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Penerapan tekanan, pukulan dan teknik lembut meningkatkan sirkulasi darah ke organ vital. Ini akan menyehatkan jaringan dan organ tubuh karena darah memberikan nutrisi dan oksigen. Pijat refleksi kaki juga membantu memperbaiki jaringan yang rusak.

3. Memberikan relaksasi

Pijat kaki adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Menerapkan titik-titik tertentu pada kaki juga dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Misalnya, bola kaki di bawah jempol kaki dan titik di tengah jempol kaki dikaitkan dengan kesehatan mental dan stabilitas emosional.