Find Us On Social Media :

Healthy Move, 4 Manfaat Olahraga CrossFit Untuk Wanita, Patut Dicoba!

Crossfit, olahraga mulai populer di kalangan wanita.

GridHEALTH.id - CrossFit adalah program pelatihan yang relatif baru dengan banyak manfaat kesehatan. Dulunya lebih banyak dilakukan pria. Tetapi saat ini, semakin banyak wanita yang berlatih dalam jenis olahraga ini.CrossFit pada dasarnya kombinasi dari beragam olahraga, di antaranya angkat besi dan senam. Dua kombinasi ini banyak dipilih karena merupakan latihan yang ideal untuk meningkatkan daya tahan anaerobik dan membangun otot. Selain itu, memperkuat semua kelompok otot, terutama lengan dan kaki.

Empat manfaat CrossFit untuk wanita. Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga ini bermanfaat bagi siapa saja yang mempraktekkannya. Tetapi dalam kasus wanita, praktiknya dapat memiliki efek yang sangat positif. Berikut empat manfaatnya;

1. CrossFit meningkatkan kepercayaan diriEfek positif dari olahraga teratur terhadap kepercayaan diri sudah dikenal luas. CrossFit tidak berbeda. Padahal, program fitnes ini bisa sangat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.Alasan utamanya adalah memungkinkan orang untuk mencapai tujuan kebugaran mereka dan meningkatkan komposisi tubuh mereka.

Mengingat tingkat kesulitannya, banyak wanita yang mampu melakukannya merasa bangga karena mengira tidak yakin mampu melakukannya.

2. Program kebugaran ini meningkatkan kemampuan kita untuk bekerja di bawah tekanan

CrossFit sangat menuntut tubuh. Bahkan, pada awalnya, itu adalah program pelatihan yang ditujukan untuk militer dan polisi. Kemudian, secara bertahap diperluas ke populasi umum.Kita dapat berolahraga dengan berbagai cara. Dua yang paling umum adalah melakukan repetisi untuk kelenturan otot dan melakukan repetisi sebanyak mungkin dalam jumlah waktu tertentu.Kedua modalitas tersebut menuntut seseorang untuk mampu merespon tekanan secara memadai. Menambahkan batas waktu adalah stresor yang harus disesuaikan oleh seseorang agar dapat bekerja dengan baik.

3. CrossFit meningkatkan persepsi diri

Baca Juga: Healthy Move, Aneka Latihan Olahraga Terbaik Untuk Penyandang Asma

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kutil Kelamin dan Herpes Genital yang Perlu Diwaspadai

CrossFit dapat menghasilkan perubahan positif pada tubuh orang yang mempraktikkannya. Bekerja dengan beban bebas dan melakukan banyak pengulangan dapat membantu seseorang membangun massa otot dan mengurangi lemak tubuh.

Seseorang dapat merasakan perubahan citra tubuh ini secara positif, yang pada akhirnya akan meningkatkan konsep diri fisik mereka.Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Argentine University of Enterprise di Argentina, ada korelasi positif antara praktik CrossFit dan konsep diri fisik.

Artinya, semakin sering kita berlatih program pelatihan ini, semakin banyak perubahan citra diri positif yang akan kita nikmati.