Find Us On Social Media :

Healthy Move, Aneka Gerakan Untuk Menghilangkan Punuk di Leher

Pose cat pose dalam yoga membantu menghilangkan punuk leher.

GridHEALTH.id - Beberapa orang mengembangkan benjolan besar di tulang belakang leher bagian bawah.

Medical NewsToday menjelaskan bahwa benjolan yang sering disebut punuk kerbau ini mengandung bantalan lemak. Punuk dapat terbentuk karena postur tubuh yang buruk, obesitas, masalah kesehatan, genetika, dan beberapa obat.Jika punuk telah membesar seiring dengan lingkar pinggang,  itu mungkin karena penambahan berat badan atau kombinasi dari penambahan berat badan dan postur tubuh yang buruk. Dalam hal ini, menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi ukuran punuk.

Jika punuk telah terbentuk karena postur tubuh yang buruk, kita bisa menghilangkannya hanya dalam beberapa minggu dengan melakukan latihan harian yang sederhana.

Namun, semakin besar, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menghilangkannya. Berikut caranya;

1. Cat pose dalam gerak yoga

Jika pernah melakukan yoga, kita mungkin tahu pose kucing/sapi. Peregangan ini bekerja sangat baik untuk meregangkan otot dan tendon belakang leher, membantu menyelaraskan leher dan kepala dengan bagian tulang belakang lainnya.

Pose kucingdapat membantu menyelaraskan seluruh tulang belakang dan memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang, mengurangi kebutuhan akan bantalan lemak untuk memberikan dukungan tulang belakang.Untuk melakukan pose ini, mulailah dengan tangan dan lutut, selebar pinggul dan bahu. Saat menarik napas, lengkungkan punggung dan miringkan kepala ke atas. Ini adalah posisi sapi, tahan sebentar.

Buang napas dan lihat ke bawah saat kita melengkungkan punggung ke langit-langit, menarik pusar ke arah tulang belakang.

Baca Juga: Healthy Move, 4 Latihan Sederhana Menghilangkan Leher Bergelambir

Baca Juga: Pola Makan Tepat Dukung Gaya Hidup Sehat Untuk Penyandang Hipertensi

Ini adalah pose "kucing". Tahan sebentar, lalu dengan mulus kembali ke pose sapi. Bergantian melalui pose 12 kali, tetap memperhatikan napas saat bergerak.

2. Berlatih memutar dagu ke bahu